Pengembangan model pembelajaran abad XXI berbasis kehidupan menggunakan e-learning pada mata kuliah mekatronika / Puteri Ardista Nursisda Mawangi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran abad XXI berbasis kehidupan menggunakan e-learning pada mata kuliah mekatronika / Puteri Ardista Nursisda Mawangi

Mawangi, Puteri Ardista Nursisda (2019) Pengembangan model pembelajaran abad XXI berbasis kehidupan menggunakan e-learning pada mata kuliah mekatronika / Puteri Ardista Nursisda Mawangi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mawangi Puteri Ardista Nursisda. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Abad XXI Berbasis Kehidupan Menggunakan E-learning Pada Mata kuliah Mekatronika. Tesis Magister Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr. Widiyanti M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran abad XXI Life Based Learning E-learning Mekatronika Perguruan Tinggi telah memanfaatkan sistem e-learning dengan membuat portal edukasi tetapi fitur portal tersebut belum memadai dan sebagian masih belum aktif. Mekatronika yang merupakan ilmu yang dibutuhkan pada abad XXI justru banyak yang tidak menggunakan e-learning. Pada lingkup matakuliah Mekatronika yang disampaikan pada semester VI di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang terdapat problematika yang serupa misalnya belum memanfaatkan e-learning pada perkuliahan Mekatronika. Terdapat beberapa kondisi yang harus diperbaiki pada perkuliahan Mekatronika misalnya rentan kosong jam perkuliahan dan pengawasan perkuliahan praktikum yang minim. Sejalan dengan pembelajaran abad XXI berbasis kehidupan mekatronika seharusnya bisa dilaksanakan dengan sistem e-learning yang mencerminkan pembelajaran abad XXI dan pembelajaran berbasis kehidupan. Penggunaan Platform e-learning gratis Edmodo sebagai alternatif untuk mewujudkan pembelajaran abad XXI berbasis kehidupan pada mata kuliah mekatronika adalah tujuan dari pengembangan produk pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE Models (Analysis Design Develop Implementation Evaluation) versi Branch dan Dousey 2015. Produk dari pengembangan media ajar adalah modul online yang dinamakan Ed-dul (Edmodo Modul) dan Buku Panduan Rekaman Perkuliahan Mahasiswa. Analisa yang ditunjukkan dalam uji coba menunjukkan bahwa kelayakan produk dirange 85% (Teacher) dan 88 5% (student) termasuk dalam kategori produk layak digunakan tanpa revisi artinya Ed-dul dan buku panduan dapat digunakan pada perkuliahan Mekatronika di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Selain itu media ajar ini memiliki keunggulan antara lain (1) memadukan dua model pembelajaran yang terbarukan dan telah ditelaah sesuai dengan kebutuhan subjek penelitian (2) penerapan model tersebut dituangkan melalui media pembelajaran online yaitu e-learning (3) pemilihan e-learning sebagai wadah pengembangan berdasarkan kebutuhan dan kesesuaian dengan model pembelajaran yang ingin diterapkan dan (4) pengembangan ini dilengkapi dengan buku penunjang untuk mahasiswa supaya menjamin dapat mengikuti rule pembelajaran yang telah dibuat. Penelitian ini telah dilakukan beberapa diseminasi produk antara lain (1) International Conference on Learning Innovation (ICLI) 2018 (2) International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET) 2018 dan (3) Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan 2019.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113466

Actions (login required)

View Item View Item