Kontribusi penguasaan substansi mata pelajaran produktif terhadap employability skill pada kompetensi tenaga terampil tingkat 2 Industri Jasa Konstruksi 4.0 siswa SMK Desain Permodelan dan Informasi Bangunan / Ahmad Andi Nurfajar - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi penguasaan substansi mata pelajaran produktif terhadap employability skill pada kompetensi tenaga terampil tingkat 2 Industri Jasa Konstruksi 4.0 siswa SMK Desain Permodelan dan Informasi Bangunan / Ahmad Andi Nurfajar

Nurfajar, Ahmad Andi (2019) Kontribusi penguasaan substansi mata pelajaran produktif terhadap employability skill pada kompetensi tenaga terampil tingkat 2 Industri Jasa Konstruksi 4.0 siswa SMK Desain Permodelan dan Informasi Bangunan / Ahmad Andi Nurfajar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nurfajar. AA. 2017. Kontribusi Penguasaan Substansi Mata Pelajaran Produktif terhadap Employability Skill pada Kompetensi Tenaga Terampil Tingkat 2 Industri Jasa Konstruksi 4.0 Siswa SMK Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr Ahmad Dardiri. M.Pd. (II) Dr. Tri Kuncoro. M.Pd Kata Kunci Mata Pelajaran Produktif Employability Skill Kompetensi Tenaga Terampil Tingkat 2 Industri Jasa Konstruksi 4.0 Kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu kiat yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi lulusan kerja siswa SMK dengan kompetensi yang lebih baik dan spesifik kebutuhan industri dibandingkan kurikulum sebelumnya. Adanya perubahan yang cukup signifikan pada formasi jumlah mata pelajaran produktif C3 tersebut menyebabkan proses pembelajaran mengalami banyak kendala sehingga dikhawatirkan kurang maksimalnya pencapaian KI KD yang ada. Pencapaian KI dan KD mata pelajaran produktif akan berimbas pada pembentukan employability skill serta pembetukan kompetensi lulusan sebagai tenga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi pada era industri 4.0. Peneliti berharap penelitian ini bisa menjadi kajian dalam hal implementasi pembelajaran mata pelajaran C3 sehingga mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai tenga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi pada era industri 4.0. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Penguasaan Substansi Mata Pelajaran Produktif (X) sebagai variable eksogen dijabarkan menjadi (1) aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung (X1) (2) konstruksi jalan dan jembatan (X2) (3) estimasi biaya konstruksi (X3) serta (4) konstruksi dan utilitas gedung (X4). Variabel endogen-nya adalah employability skill (Y) serta kompetensi tenaga terampil tingkat 2 jasa konstruksi 4.0 (Z). Populasi penelitian ini adalah siswa pada 52 SMK dengan Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan se Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa (1) penguasaan substansi mata pelajaran produktif secara parsial memiliki kontribusi yang signifikan terhadap employablity skill kecuali mata pelajaran estimasi biaya konstruksi (2) employablity skill berkontribusi secara signifikan terhadap kompetensi tenaga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi 4.0 serta (3) penguasaan substansi mata pelajaran produktif secara simultan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kompetensi tenaga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi 4.0.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113465

Actions (login required)

View Item View Item