Penggunaan permainan kuku macan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Malang II / Nur Fadhlilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan kuku macan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Malang II / Nur Fadhlilah

Fadhlilah, Nur (2015) Penggunaan permainan kuku macan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Malang II / Nur Fadhlilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fadhlilah Nur. 2015. Penggunaan Permainan Kuku Macan dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri Malang II. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhidayati M.Pd (II) Dr. Yusuf Hanafi S.Ag M.Fil.I. Kata kunci permainan kuku macan pembelajaran kosakata Kemampuan berbahasa siswa tergantung pada seberapa banyak kosakata yang dikuasai dan dihafal. Semakin banyak kata-kata yang dikuasai maka semakin mudah bagi siswa untuk berkomunikasi dengan orang lain baik secara lisan maupun tulisan. Untuk itu guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi kosakata sehingga kemampuan kosakata bahasa Arab siswa mengalami peningkatan. Salah satu media yang sesuai untuk meningkatakan kemampuan kosakata bahasa Arab siswa adalah permainan kuku macan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan permainan kuku macan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Malang II dan (2) peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Malang II. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes (2) wawancara dan (3) observasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dengan tahap-tahap (1) reduksi data (2) paparan data dan (3) penyimpulan hasil. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan permainan kuku macan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siklus I belum terlaksana secara maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang masih kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Namun pada siklus II permasalahan tersebut dapat diatasi dan diperbaiki kembali siswa menjadi lebih tertib dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dari segi peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa pada tiap siklusnya. Hasil pre test menunjukkan skor rata-rata kelas sebesar 64 7. Hasil post test pada siklus I diperoleh skor rata-rata kelas sebesar 85 7. Sedangkan hasil post test pada siklus II diperoleh skor rata-rata kelas sebesar 93 9. Hasil test tersebut menunjukkan adanya perbaikan dan peningkatan kemampuan kosakata bahasa Arab siswa pada tiap siklus. ii Berdasarkan hasil penelitian diatas disarankan kepada guru bidang studi bahasa Arab MTs Negeri Malang II dapat menggunakan permainan kuku macan sebagai salah satu variasi media dalam mengajarkan kosakata bahasa Arab. Kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian terhadap penerapan permainan kuku macan pada kemahiran berbahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11346

Actions (login required)

View Item View Item