Problematika pembelajaran bahasa Arab di Asrama Bahasa Pondok Pesantren Al-Khoirot dan upaya pemecahannya / Ahmad Faisol - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran bahasa Arab di Asrama Bahasa Pondok Pesantren Al-Khoirot dan upaya pemecahannya / Ahmad Faisol

Faisol, Ahmad (2015) Problematika pembelajaran bahasa Arab di Asrama Bahasa Pondok Pesantren Al-Khoirot dan upaya pemecahannya / Ahmad Faisol. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faisol Ahmad.2015. ProblematikaPembelajaran Bahasa Arab di Asrama Bahasa PondokPesantren Al-KhoirotKabupaten MalangdanUpayaPemecahanya. Skripsi JurusanSastra Arab FakultasSastraUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Drs.H. Muhaiban (II) LailyMaziyah S.Pd M.Pd. katakunci problematikapembelajaran bahasaarab pondokpesantren Pondokpesantren Al-Khoirot (PPA) adalahlembagapendidikanislam yang memilikivisiuntukmendidiksantrimenjadiahlifiqhdanbahasa Arab haltersebutnampakjelasdari program-program PPA yang sebagianbesarbertujuanuntukpeningkatankeilmuanfiqhsertabahasa Arab.Salah satu program khususpengajaranbahasadi PPA adalahasramabahasa yang didalamnyaditerapkan program pembelajaranbahasaArab secaraintensif sehinggamenjadikannyasalahsatu program utama di PPA. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanproblematikapembelajaranbahasa Arab di PPA danupayapemecahanya. Hal-hal yang diseskripsikanmeliputi (a) metodepembelajaran yang digunakandalampembelajaranbahasaarab (PBA) di PPA (b) bahan ajar yang digunakandalam PBA di PPA (c) media pembelajaran yang digunakandalam PBA dan (d) evaluasidalam PBA. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif.Subyekdalampenelitianiniadalah para pengajar santri di asramabahasa PPA.Dalampenelitianini penelitibertindaksebagai instrument inti. Sedangkan instrument pendukung yang digunakanantara lain pedomanobservasidanpedomanwawancara. Data dalampenelitianinidiperolehmemaluiobservasi wawancara sertapengolahandokumen. Langkah-langkahanalisis data yang digunakanadalah (a) reduksi data (b) penyajian data (c) penarikankesimpulan. . Hasilpenenelitianinimenunjukkanbahwa PBA di PPA menggunakanmetodeaudiolingual sedangkanbahan ajar yang digunakanbersumberdaribuku Theselectedvocabulariesdandaily conversationkarangantimpengembanganbahasapondok modern Gontor.Media yang digunakandalam PBA di PPA adalahpapantulis LCD dankaset. Assesmen yang digunakanmeliputiassesmen proses danhasil. Assesmen proses berupapenilaiankeaktifansiswaoleh guru ketikapembelajaranberlangsung sedangkanassesmenhasildilakukandalamtigaperiode (1) harian denganmenghafalsepuluhkosa kata (2) mingguan denganmenghafal 70 kosa kata dan (3) bulanan dengantestulis. Analisis data hasilobservasimenunjukkanadanyabeberapaproblematika. Problematikadalampenggunaanmetode PBA di PPA antara lain (1) seringterjadipenerjemahan kata ataupunkalimat dan(2) kurangpiawainyapengajardalammenyusunkalimatsederhana. Upayapemecahanproblematika di atasdapatdilakukandengan (1)membuatkomitmenmenggunakanbahasa Arab sejakawalpertemuan (2) kata yang diajarkanadalah kata yang adahubungannyadengankesehariansiswa (3) peningkatankemampuan guru dalampenyusunankalimatsederhana.Problematikayang berkaitandenganbahan ajar yaitu (1) kurangfungsionaldan (2)tidakadanyaevaluasi. Upayapemecahannyaantara lain dengan (1) materi yang diajarkanadalah yang fungsional dengandiperkayadarisumberlain (2) melengkapibahan ajar denganevaluasikarangan guru. Problematikadalam media pembelajaranadalah (a) tampilankurangmenarik (b) pembelajaranmonoton dan (c) tidakmembantumeningkatkanpemahamansiswakarena yang ditampilkan media tidakselarasdenganmateri yangdiajarkan. Pemecahannyaadalah (1) mengadakanpelatihanpengunaan media bagi para guru (2) merancangpembelajran yang inovatif (3) memperkayareverensi yang sesuaidenganmateri yang diajarkan. Evaluasi yang dilakukantidakmenyeluruh sehinggatidakdapatmengukurkemahiransiswadalamsetiapmateri yang diajarkandantujuanpembelajaran haltersebutterlihatdariassesmenhariandanmingguanhanyamengukurkemampuansiswadalammenghafaldankemahiranberbicara sedangkanassesmenbulananhanyamengukurketerampilanmembacadanmenulis. Solusi yang dapatdilakukanadalahdenganmerancangaseesmen yang menyeluruh yang mencakupsemuamateri yang diajarkandantujuankemahiran yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11339

Actions (login required)

View Item View Item