Kalimatu "adz-dzikri" fil-qur'ani al-adhim tashrifan wama'nan / Hasbullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kalimatu "adz-dzikri" fil-qur'ani al-adhim tashrifan wama'nan / Hasbullah

Hasbulloh (2015) Kalimatu "adz-dzikri" fil-qur'ani al-adhim tashrifan wama'nan / Hasbullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasbulloh. 2015. Derivasi dan Makna Kata Al-Dikr dalam Al-Quran. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Irhamni M. Pd. (II) Dr. Ahmad Munjin Nasih S.Pd M. Ag. Kata kunci Derivasi Makna Al-Dikr Al-Quran. Al-Quran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad S.A.W melalui perntara malaikat Jibril A.S. Al-Quran terdiri dari 30 juz 6.336 ayat dan 114 surat. Al-Quran memiliki beberapa nama salah satunya adalah Al-Dikr. Didalam Al-Quran penyebutaan kata Al-Dikr berulang-ulang kali diberbagai ayat begitupula penyebutan derivasinya yang memiliki berbagai bentuk pola kalimat yang berbeda-beda. Pada dasarnya kata Al-Dikr bermakna peringatan akan tetapi pada kenyatannya kata Al-Dikr memiliki banyak makna seperti Al-Quran taurat dan injil petunjuk kitab dan lain sebagainya. Dengan demikian secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran kata Al-Dikr dan derivasinya dalam Al-Quran. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pola-pola kata Al-Dikr dan derivasinya dalam Al-Quran dan (2) Makna kata Al-Dikr dan derivasinya dalam Al-Quran. Untuk mencapai tujuan tersebut Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data penelitian berupa ayat Al-Quran yang mengandung kata Al-Dikr dan derivasinya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument yaitu peneliti sendiri yang berperan sebagai pengumpuldata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis isi meliputi pengadaan reduksi inferensi dan analisis data. Penelitian ini menghasilkan temuan tentang sebaran kata Al-Dikr dan derivasinya dalam Al-Quran deskripsi pola-pola kata Al-Dikr dan derivasinya dalam Al-Quran dan deskripsi makna kata Al-Dikr dan derivasinya yang ada dalam Al-Quran. Kata Al-Dikr dan derivasinya dalam Al-Quran ditemukan sebanyak 268 kata. Pola-pola yang ada pada kata Al-Dikr dan derivasinya yaitu fi il madhi fi il mudhari fi il amr masdhar isim fa il dan isim maf ul. Sedangkan makna-makna kata Al-Dikr dan derivasinya yang dinukil dari empat tafsir (Al-Jalalain Shofwah Al-Tafasir Ibnu Katsir dan Tafsir Depag) yaitu (1) Pola fi il madhi mabni ma lumyang berwazan 1601 1614 1593 1614 1604 1614 ( 1584 1614 1603 1614 1585 1614 ) bermakna mengingat menyebut mengesakan dan mengambil pelajaran. Yang berwazan 1578 1601 1593 1604 ( 1578 1614 1584 1614 1603 1617 1614 1585 1614 ) bermakna mengingat dan memikirkan. Sdangkan fi il madhi mabni majhulyang berwazan 1601 1615 1593 1616 1604 1614 ( 1584 1615 1603 1616 1585 1614 ) bermakna disebut dan yang berwazan 1601 1615 1593 1617 1616 1604 1614 ( 1584 1615 1603 1617 1616 1585 1614 ) bermakna diperingatkan. (2) Pola fi il mudhori mabni ma lum yang berwazan 1610 1614 1601 1618 1593 1615 1604 1615 ( 1610 1614 1584 1618 1603 1615 1585 1615 ) bermakna menceritakan mencela sholat takut mengambil pelajaran mengingat menyebut memikirkan. Yang berwazan 1610 1614 1578 1614 1601 1614 1593 1617 1614 1604 1615 ( 1610 1614 1578 1614 1584 1614 1603 1617 1614 1585 1615 ) bermakna mengambil pelajaran mengambil ibarat beriman menyembah memikirkan mendapat petunjuk mengambil manfa at mengetahui tadzabbur dan berhati-hati. Sedangkanfi il mudhori mabni majhul yang berwazan 1610 1615 1601 1618 1593 1614 1604 1615 ( 1610 1615 1584 1618 1603 1614 1585 1615 ) bermakna disebut dan menyebut. (3) Pola fi il amr yang berwazan 1575 1615 1601 1618 1593 1615 1604 1618 ( 1575 1615 1584 1618 1603 1615 1585 1618 ) bermakna ceritakanlah bacalah dan jagalah/peliharalah agungkanlah sholatlah ingatlah. Yang berwazan 1601 1614 1593 1617 1616 1604 1618 ( 1584 1614 1603 1617 1616 1585 1618 ) bermakna berilah pelajaran dan berilah peringatan. (4) Pola masdar ( 1584 1616 1603 1618 1585 ) bermaknaal-Quran pelajaran rahmat taurat dan injil kitab kuno ilmu kitab kalam ayat petunjuk dan iman penjelas kemulyaan wahyu sebutan haq perintah ibadah dan peringatan.Yang berpola ( 1584 1616 1603 1618 1585 1614 1609 ) bermakna pelajaran/nasehat ibarat dan peringatan. Yang berwazan ( 1578 1614 1584 1618 1603 1616 1585 1614 1577 1612 ) pelajaran/nasehat al-Quran dan peringatan. Yang berwazan ( 1578 1614 1584 1618 1603 1616 1610 1618 1585 1612 ) bermakna pelajaran/nasehat hal yang menakuti dan peringatan. (5) Polaisim fa il yang berwazan 1601 1614 1575 1593 1616 1604 1612 ( 1584 1614 1575 1603 1616 1585 1612 ) bermakna orang yng mengambil pelajaan yang menasehati dan yang mengingat (Allah). Yang berwazan 1605 1615 1601 1614 1593 1617 1616 1604 1612 ( 1605 1615 1584 1614 1603 1617 1616 1585 1612 ) bermaknapemberi pelajaran dan pemberi peringatan. Yang berwazan 1605 1615 1601 1618 1578 1614 1593 1616 1604 1612 ( 1605 1615 1583 1617 1614 1603 1616 1585 1612 ) bermakna orang yang mau mengambil pelajaran. (6) Pola isim maf ul yang berwazan 1605 1614 1601 1618 1593 1615 1608 1618 1604 1612 ( 1605 1614 1584 1618 1603 1615 1608 1618 1585 1612 ) bermakna yang disebut. Oleh karena itu disarankan bagi peneliti yang mengadakan penelitian sejenis hendaknya tidak meneliti kata yang sama dengan penelitian ini dan juga tidak hanya terfokus pada penelitian semantik saja akan tetapi pada bidang yang lain seperti penelitian dibidang ilmu balaghah. Selainitu peneliti juga diharapkan untuk lebih mendalam dalam menganalisis data dengan menggunakan refernsi-referensi yang valid dan terperaya agar tidak terjadi banyak kesalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11332

Actions (login required)

View Item View Item