Liskanah (2015) Penerapan metode stationenlernen untuk meningkatkan pemerolehan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VII a SMP Muhammadiyah 2 Batu / Liskanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Liskanah. 2014. Penerapan Metode Stationenlernen Untuk Meningkatkan Pemerolehan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Batu. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurhidayati M.Pd. (II) Dr. Lilik Nur Kholidah MPd.I. Kata Kunci metode Stationenlernen pemerolehan kosa kata Kosa kata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa asing untuk dapat memperoleh kemahiran berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Kosa kata merupakan salah satu unsur penting bahasa dalam berkomunikasi. Dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat empat kemahiran yang diajarkan (membaca menulis menyimak dan berbicara) pada prakteknya penggunaan kosakata atau mufrodat tidak bisa dihilangkan pada semua kemahiran tersebut. Stationenlernen adalah sebuah metode belajar dimana siswa belajar secara mandiri dengan bantuan bahan-bahan yang telah disediakan dan disusun dalam beberapa stasiun (stationen) belajar. Pembelajaran bahasa Arab dengan metode Stationenlernen dilaksanakan dalam lima stasiun pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek dan tempat penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Batu yang berjumlah 19 siswa. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan selama belajar mengajar hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Arab hasil yang terkumpul melalui angket dan nilai tes. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peningkatan pemerolehan kosa kata siswa dalam pembelajaran bahasa Arab mengalami prosentase peningkatan yaitu dari 0% ketuntasan menjadi 22 2%. Pada siklus kedua prosentase peningkatan pemerolehan kosa kata siswa sebesar 21 8% dari 22 2% menjadi 42%. Pada siklus ketiga prosentase peningkatan pemerolehan kosa kata siswa naik sebesar dua kali lipat dari siklus kedua yakni menjadi 84%. Jadi Stationenlernen dapat meningkatan pemerolehan kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VII A. Berdasarkan hasil penelitian ini guru pengajar Bahasa Arab SMP Muhammadiyah 2 Batu disarankan memilih metode pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar yaitu dengan metode Stationenlernen bagi Jurusan Sastra Arab disarankan untuk menjadikan metode ini sebagai salah satu metode pengajaran Bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab bagi peneliti lain disarankan melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai metode ini dengan menggunakan media yang lebih bervariasi guna meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11331 |
Actions (login required)
View Item |