Al-majazu al-mursalu fi surati al-kahfi (dirasah tahliliyyah balaghiyyah) / Farhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Al-majazu al-mursalu fi surati al-kahfi (dirasah tahliliyyah balaghiyyah) / Farhana

Farhana (2015) Al-majazu al-mursalu fi surati al-kahfi (dirasah tahliliyyah balaghiyyah) / Farhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farhana. 2015. MajazmursaldalamSuratAl-Kahfi. Skripsi JurusanSastra Arab FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Dr. H.Kholisin M.Hum (II) Ali ma sum S.Pd. M.A. Kata kunci majazmursal SuratAl-Kahfi Al-Quranmerupakanfirman Allah danmukjizat yang diturunkankepadaRasulullah SAW melaluiperantaraJibril as.Al-Qurantertulisdalammushaf yang disampaikansecaramutawatirdanmembacanyaadalahibadah.Peneliti memilih menganalisis kajian ini karena majazmerupakan salah satucara terbaik untuk menjelaskan suatu perkara dengan menunjukkan gambaran atau sifat pada makna tersebut. SuratAl-Kahfitermasuk nama surat yang terdapat dalam Al-qur an. Peneliti banyak menemukan unsur majaz mursaldidalamnya sehingga peneliti memilih surat tersebut. Di samping itu belum pernah ditemukan kajian khusus mengenai majaz mursal pada surat Al-Kahfi. Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikandanmenganalisishal-hal yang mencakup (1) Ayat-ayat yang mengandungunsurmajazmursaldalamsuratAl-Kahfi (2) AlaqahmajazmursaldalamSuratAl-Kahfi.Rancanganpenelitian yang digunakanpada penelitianiniadalahrancangandeskriptifkualitatif. Data dalampenelitianinidiambildariayat-ayatpadaSuratAl-Kahfi di Al-Qur an.Sumberpenelitianutamanyaadalah Al-Qur an daninstrumennyaadalahpenelitisendiriataudisebutdenganhuman instrument. Hasildaripenelitianiniadalah (1) Ayat-ayat yang mengandungunsurmajazmursaldalamSuratAl-Kahfiterdiridari 22ayat (2) Terdapatdelapan alaqahmajazmursaldalamSuratAl-Kahfiyaitu alaqahsababiyah alaqahjuziyah alaqahlazimiyah alaqahaliyah alaqah umumiyah alaqahkhushusiyah alaqahhaliyah dan alaqahmahaliyah. Penelititelahmenemukanbahwa alaqahmajazmursal yang paling banyakdalamsuratAl-Kahfiadalah alaqahkhushusiyah. Diantara faedah majaz mursal yang terkandung dalam surat Al-Kahfi tersebut yaitu untuk pengagungan untuk memberikan kesan lebih dalam sebuah pernyataan dengan gaya bahasa yang ringkas untuk memberikan pemahaman pada akal pikiran dengan sebuah gambaran yang nyata dan untuk meningkatkan kejelasan kandungan ayat ayat al-quran khususnya dalam Surat Al-Kahfi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada para peneliti sastra kiranya dapat melanjutkan penelitian ini dengan kajian yang lebih dalam dan lebih luas dan menjadikan penelitian ini sebagai rujukan dalam penelitian sastra khususnya dalam kajian ilmu bayanmengenai majaz. Kemudian kepada para pembaca untuk lebih memperhatikan makna makna majaz yang terkandung dalam ayat ayat al-quran khususnya dalam surat Al-Kahfi karena ketika ayat ayat tersebut mengandung unsur majaz maka kita tidak dapat mengartikannya secara hakiki ataupun secara langsung. Sehingga kita harus memahaminya dengan memperhatikan qarinah atau unsur unsur yang menunjukkan bahwa ayat tersebut tidak dapat diartikan hanya dengan melihat lafadz yang digunakan saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11324

Actions (login required)

View Item View Item