Tathwiru mawadil kitabati al-Arabiyyati bina'an 'ala an mathi al-jumali lil fashl ats tsani bil madrasati ats tsanawiyyati ad-diniyyati / Dzatu Ulum Nafi'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tathwiru mawadil kitabati al-Arabiyyati bina'an 'ala an mathi al-jumali lil fashl ats tsani bil madrasati ats tsanawiyyati ad-diniyyati / Dzatu Ulum Nafi'ah

Nafi'ah, Dzatu Ulum (2015) Tathwiru mawadil kitabati al-Arabiyyati bina'an 'ala an mathi al-jumali lil fashl ats tsani bil madrasati ats tsanawiyyati ad-diniyyati / Dzatu Ulum Nafi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nafi ah DzatuUlum. 2015. PengembanganMateriMenulis Bahasa Arab BerdasarkanPolaKalimatuntukKelas XI Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Bahasa Arab FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Muhaiban. (II) Ali Ma sum S.Pd. MA. Kata Kunci materi menulis Arab polakalimatbahasa Arab LatihanmenulisArab merupakanbagian yang tidakbisadipisahkandarilatihankebahasaan karenamenulismemuattigaaspekketrampilanbahasalainnya disertaidenganmengaplikasikanapa yang didengarmelaluipelajaranistima apa yang diucapkanpadapelajarankalam sertaapa yang dipahamimelaluipelajaranqira ah.Siswakelas XI Aliyah harusmampumemahamikosa kata polakalimat sertasusunankalimatbahasa Arab. Padatingkatankelas XI merekamengambilkeahliankhusus program bahasa yang diminati. Guru Bahasa Arab mengalamikendalabahan ajar untukkemahiranmenulissiswa. Olehkarenaitubukuini di tujukanagar merekamemahamibetultentangmenulis yang baikdanbenar sehinggamaterimenulis Bahasa Arab berdasarkanpolakalimatmenjadialternatif yang cocokbagipembelajardalammenulisBahasa arabuntukpemula. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukbahan ajar berupamoduldengancarapengembanganmaterimenulisbahasa Arab berdasarkanpolakalimatuntukkelas XI Aliyah danmendeskripsikankualitasmaterimenulisbahasa Arab berdasarkanpolakalimatuntukkelas XI Aliyah.Penelitianinitermasukmetodepenelitiandanpengembangan yang digunakanuntukmenghasilkanprodukdanujicobaterpadu. Prosedurpenelitiannyameliputi (1) analisismasalahdankebutuhan (2) desainproduk (3) pengembanganmateri (4) validasiahli (5) ujilapangan (6) revisiproduk (7) Produkakhir. Teknikanalisis datamenggunakanpersentasehasildaninstrumenpengumpulandatanyamenggunakanangket. Hasilpenelitiandanpengembanganiniberupaprodukbahan ajar dengancarapengembanganmaterimenulisbahasa Arab berdasarkanpolakalimatuntukkelas XI Aliyah. Modulinimemuatduabelasteksbahasa Arab. Penelitimemaparkanempatpuluhempatpolakalimat. Kemudianpolatersebutdikembangkanmenjadilatihan-latihankemahiranmenulis. Latihannyameliputimelengkapikalimatrumpang menyusun kata acakmenjadikalimatsempurna menjawabpertanyaansesuaigambar sertalatihanmembuatparagraf.Kualitasmodulpengembanganiniditerima sedangkanhasilpersentasesecarakeseluruhanmenunjukkanskorakhir (3 4) atau 84%. Penelitidapatmenyimpulkanprodukinibisadigunakansebagaialternatif guru dalammengajarkanketrampilanmenulisbahasa Arab untukkelas XI Aliyah. Setelahselesainyapengembanganinidiharapkankepadapeneliti lain untukmelakukanujilapanganlanjutansertamengembangkanmateribahan ajar lainnyasebagai media lain dalampembelajaranbahasa Arab. Bagipengajardanpebelajarbahasa Arab untukmenggunakanmodulinidalampembelajarandanpengajaranbahasa Arab agar tumbuhkecintaandalammenulis Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11323

Actions (login required)

View Item View Item