Pengembangan bahan ajar ekonomi syariah pada materi inflasi / Ilham Akbar Solichin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar ekonomi syariah pada materi inflasi / Ilham Akbar Solichin

Solichin, Ilham Akbar (2019) Pengembangan bahan ajar ekonomi syariah pada materi inflasi / Ilham Akbar Solichin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Solichin Ilham Akbar. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Syariah pada Materi Inflasi. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd. (II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak. Kata Kunci ekonomi syariah bahan ajar pendekatan kontekstual. Saat ini kemajuan teknologi informasi yang sangat dapat mengubah kebudayaan pada bidang pendidikan. Banyak sekolah yang pengajarnya sudah menggunakan teknologi digital sebagai sarana penggunaan bahan ajar tapi justru hal ini ternyata menimbulkan masalah baru bagi siswa seperti yang ada pada SMA Muhammadiyah 3 Jember. Banyaknya informasi dari internet yang siswa peroleh berakibat pada siswa tidak bisa mengonstruksi pengetahuan tentang inflasi yang diterima. Namun masalah siswa ini belum terfasilitasi dengan baik seperti belum ada bahan ajar inflasi yang memungkinkan siswa untuk melakukan pembelajaran kontekstual berbasis masalah dan tidak ada jam belajar untuk memfasilitasinya . Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk dan mendeskripsikan proses-proses pengembangan bahan ajar ekonomi syariah pada materi inflasi yang lebih menarik dan efektif di kelas XI IPA 4 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan design-based research lalu dijabarkan pada enam fase yaitu identifikasi masalah penyusunan prototipe mengembangkan bahan ajar evaluasi dan uji coba produk. Bahan ajar yang telah dibuat dengan pendekatan kontekstual berbasis masalah divalidasi oleh ahli materi dan ahli skenario pembelajaran. Jenis data ada tiga yaitu (1) evaluasi ahli materi dan ahli skenario pembelajaran (2) uji coba kelompok kecil dan (3) hasil penugasan dan angket siswa pada uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data diperoleh melalui wawancara angket validasi produk tes produk dan dokumen. Untuk menganalisis data maka diperlukan teknik (1) analisis deskriptif kualitatif untuk mengelola data validasi ahli materi ahli skenario pembelajaran dan angket daya tarik bahan ajar dan (2) analisis deskriptif kuantitatif untuk menghitung persentase daya tarik produk dan menghitung efektivitas pengembangan bahan ajar. Uji coba bahan ajar pada kelompok kecil tingkat daya tarik bahan ajar rata-rata sebesar 96%. Tingkat efektivitas bahan ajar perolehan nilai rata-rata adalah 89 89. Sementara itu daya tarik bahan ajar pada uji lapangan perolehan skor rata-rata adalah 97 1%. Tingkat efektivitas bahan ajar pada uji lapangan perolehan nilai rata-rata adalah 90 3. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar ekonomi syariah adalah efektif. Produk bahan ajar ekonomi syariah dapat digunakan untuk memuaskan rasa ingin tahu dan menambah wawasan siswa pada materi inflasi di SMA 3 Muhammadiyah Jember kelas XI IPA 4.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113137

Actions (login required)

View Item View Item