Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kalianget Madura / Hervinda Sukma Triagustiana

Triagustiana, Hervinda Sukma (2020) Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kalianget Madura / Hervinda Sukma Triagustiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Triagustiana, Hervinda Sukma. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Kalianget-Madura. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., Ak (II) Dr. Nasikh, S.E.,M,P., M.Pd Kata Kunci: Pengembangan Media Interaktif, Pembelajaran Ekonomi. Penggunaan media pembelajaran yang tepat merupakan salah satu faktor dari pengaruh tingkat keberhasilan siswa dalam suatu proses pembelajaran Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini terdapat pada penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga membuat siswa merasa cepat bosan, menurunnya minat belajar dan tidak aktif saat pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif untuk materi akuntansi perusahaan dagang yang memenuhi kelayakan dan keefektifan. Peneliti memilih menggunakan materi akuntansi perusahaan dagang karena umumnya materi tersebut cukup sulit untuk dimengerti oleh siswa dibandingkan materi akuntansi perusahaan jasa. Hal itu dikarenakan terdapat aktivitas dan akun-akun yang tidak terdapat pada perusahaan jasa namun ada pada perusahaan dagang. Adanya pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran dapat mempermudah siswa mehami materi dan siswa dapat belajar secara aktif dan mandiri. Model penelitian dan pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan dari Lee & Owens, yang terdiri dari tahap assessment/analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation. Uji coba dilakukan terhadap 30 siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Kalianget. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket tertutup yang akan diberikan kepada ahli materi, ahli media dan siswa. Hasil data akan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presesntase. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dah ahli media menyatakan bahwa multimedia interaktif layak unutk digunakan. Hal tersebut terbukti dari hasil validasi ahli materi sebesar 93% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli media sebesar 66% dengan kriteria layak. Selain itu, penggunan multimedia interaktif memiliki respon yang positif dari siswa karena hasil penilaian siswa yang diperoleh sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Siswa berantusias untuk mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa multimedia interaktif sehingga siswa merasa lebih mudah memahami materi. Keefektifan dari penggunaan multimedia interaktif dapat dilihat dari hasil postest (87) yang lebih tinggi dibandingkan hasil pretest (70).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113136

Actions (login required)

View Item View Item