Pengembangan modul pembelajaran ekonomi pancasila dengan model cooperative learning di SMAN 1 Pakel-Tulungagung / Hilda Nanda Khoirunnisa'

Khoirunnisa', Hilda Nanda (2020) Pengembangan modul pembelajaran ekonomi pancasila dengan model cooperative learning di SMAN 1 Pakel-Tulungagung / Hilda Nanda Khoirunnisa'. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khoirunnisa’, Hilda Nanda. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Ekonomi Pancasila dengan Model Cooperative Learning di SMAN 1 Pakel-Tulungagung. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sugeng Hadi Utomo, MS., (2) Dr. Sunaryanto, M.Ed. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Pembelajaran Ekonomi Pembelajaran ekonomi selama ini, sering dijumpai guru hanya memberikan pengetahuan sesuai dengan pembahasan yang ada di dalam buku paket. Guru lebih memilih atau menggunakan perangkat pembelajaran yang siap pakai, instan, serta tanpa ada upaya merencanakan, menyiapkan dan menyusun sendiri. Sehingga memungkinkan perangkat pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan karakteristik siswa dan lingkungannya serta pembelajaran masih didominasi dengan pemahaman dalam bentuk teoritik dan masih berpusat pada guru. Pada saat penyelesaian tugas, siswa masih bekerja secara individu secara tidak langsung menimbulkan rasa kurang saling menghargai, kebersamaan dan kekeluargaan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran bukan saja dapat menghadirkan dunia nyata siswa tetapi juga dapat menanamkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran ekonomi Pancasila untuk siswa SMA Negeri 1 Pakel-Tulungagung berupa RPP, Modul Guru, dan Modul Siswa. Prosedur pengembangan menggunakan model design based research (DBR) yang terdiri dari 6 (enam) tahap yakni: 1) identifikasi masalah, 2) merumuskan produk, 3) mendesain produk, 4) uji coba, 5) evaluasi kelayakan, 6) penyempurnaan dan mengkomunikasikan hasil. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran divalidasi oleh para ahli yakni ahli desain pembelajaran, ahli materi dan praktisi. Perangkat pembelajaran kemudian diuji cobakan sebanyak tiga kali yakni uji perorangan, uji kelompok dan uji lapangan. Data hasil validasi dan uji coba dijadikan dasar untuk melakukan revisi pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil validasi ahli desain pembelajaran, ahli materi dan praktisi menunjukkan rata-rata 87.95% dengan kriteria sangat valid. Hasil penilaian uji coba Modul Siswa rata-rata sebesar 92.64% dengan kriteria sangat baik/ sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah layak diimplementasikan dalam pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilaksanakan, beberapa saran yaitu: (1) pemanfaatan perangkat pembelajaran memerlukan pemahaman yang baik, (2) pengembangan lebih lanjut perlu dikaji dan dikembangkan untuk seluruh materi pada kelas X dan (3) perlu sosialisasi baik dalam forum diskusi ilmiah, maupun sosialisasi melalui fasilitas e-learning sehingga mudah diakses.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113135

Actions (login required)

View Item View Item