Pengembangan panduan pendirian kelompok usaha bersama berdasarkan paradigma new generation cooperatives pada pelaku usaha makanan ringan Kota Malang / Edy Gustriansyah

Gustriansyah, Edy (2019) Pengembangan panduan pendirian kelompok usaha bersama berdasarkan paradigma new generation cooperatives pada pelaku usaha makanan ringan Kota Malang / Edy Gustriansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Gustriansyah, Edy. 2019. Pengembangan Panduan Pendirian Kelompok Usaha Bersama Berdasarkan Paradigma New Generation Cooperatives Pada Pelaku Usaha Makanan Ringan Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., M.Pd., (II).Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S Kata Kunci: KUBE, NGC, Pengembangan Panduan Memenuhi kebutuhan ekonomi dilakukan dengan jalan usaha ekonomi seperti bekerja pada bidang-bidang pekerjaan, membangun usaha dan sebagainya. Membangun atau mendirikan suatu usaha akan memberikan berbagai manfaat atau keuntungan terutama bagi pemilik usaha. Berangkat dari kegiatan usaha ekonomi bersama Non-badan hukum yang sering dipraktikkan oleh masyarakat Indonesia, pemerintah republik Indonesia telah memfasilitasi dengan membentuk suatu badan usaha bersama yang disebut sebagai program Kelompok Usaha Bersama yang disingkat KUBE. Namun dalam perjalanan pelaksanaan mengalami beberapa kendala yang sangat menghambat pelaksanaan praktiknya. Masalah tersebut terdiri dari masalah internal dan eksternal. Masalah eksternal seperti masalah keterbatasan pembinaan dari pemerintah, pandangan masyarakat dan kondisi geografis. Masalah yang berasal dari dalam organisasi seperti kemampuan manajerial, pengelolaan keuangan, pendidikan anggota, perbedaan kebudayaan dan kemampuan mengembangkan usaha. Penelitian pengembangan ini ditujukan untuk membuat buku panduan yang dapat menjawab persoalan yang dialami oleh KUBE dan sebagai buku pegangan bagi anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan penelitian yang dikemukakan oleh P Peffers at al. Menggunakan enam langkah penelitian yang terdiri dari (1) identifikasi masalah; (2) merumuskan prototipe prosedur pengembangan; (3) menyusun desain produk pengembangan; (4) uji coba produk; (5) evaluasi produk; dan (6) mengkomunikasikan hasil penelitian. Fitur serta karakteristik NGC yang diadaptasi dalam pengembangan ini terdiri dari pendidikan dan pelatihan anggota, pengorganisasian anggota, rapat anggota, keterbukaan informasi, kerja sama antar badan usaha, pemrosesan nilai tambah produk, perencanaan dan pengembangan pemasaran. Hasil pengembangan pada penelitian ini mempunyai kesesuaian atas permasalahan yang terjadi dan kebutuhan yang diperlukan. Produk yang dibuat dapat memberikan pengetahuan baru dalam rangka pelaksanaan kegiatan kelompok usaha bersama di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang. Melalui angket, anggota KUBE di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang menilai rata-rata masalah dan solusi yang di tawarkan sangat sesuai dengan besaran persentase yaitu 93,16%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113134

Actions (login required)

View Item View Item