Pengembangan media pembelajaran komik ekonomi bernuansa UUD 1945 pasal 33 ayat 1 di kelas X IIS SMAN 1 Bululawang / Nur Fauziah

Fauziah, Nur (2019) Pengembangan media pembelajaran komik ekonomi bernuansa UUD 1945 pasal 33 ayat 1 di kelas X IIS SMAN 1 Bululawang / Nur Fauziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fauziah, Nur. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Ekonomi Bernuansa Pasal 33 ayat 1 di kelas X IIS SMAN Bululawang. Tesis. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E, M.P. Ak, (2) Dr.Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci: Media pembelajaran, Komik Ekonomi, Pasal 33 ayat 1 Komik Edukasi “KomiMako” ini mengajarkan mengenai materi koperasi yang mengkaji kembali makna pasal 3 ayat 1 yaitu azas kekeluargaan, dimana nilai-nilai yang terkandung didalamnya penting untuk dipelajari agar siswa memahami bahwa perekonomian Indonesia berpedoman soko guru dari koperasi. Untuk mempelajari perihal tersebut dibutuhkan alat bantu ajar pada siswa pada saat proses pembelaran. Namun selama ini yang terjadi dikelas seringkali dijumpai ialah kurang maksimalnya pendidik dalam menciptakan gaya belajar yang menarik dan memudahkan siswa dalam belajar dan juga tidak terkesan monoton. Guru masih cenderung konvensional dalam mengajar dan kurang memperhatikan karakterisitik peserta didik guna menganalisis kebutuhan siswa disetiap proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi yaitu pengembangan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa dikelas yaitu komik edukasi “KomiMako”. Komik ini yang nantinya sebagai perantara yang menjembatani guru kepada siswa dalam menyampaikan materi, agar proses pembelajaran terkesan menarik dan diminati oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik edukasi “KomiMako” hardfile maupun digital yang dilakukan dikelas X IIS SMAN 1 Bululawang. Penelitian ini meggunakan desain Dick and Carrey untuk mencakup mulai dari tahap awal pengembangan sampai dengan berjalannya proses pengembangan produk yang akan dikembangkan. Untuk menguji keefektifan sendiri dilakukan dengan model Quasi Eksperiment dengan model Nonequivalent Pre test-Post test Control Group Design. Hasil pengembangan produk berupa komik ini divalidasi oleh 2 ahli validator media dan materi. Dan kemudian diujicobakan pada uji kelompok kecil, dan uji lapangan (kelas kontrol dan ekperimen). Data hasil validasi dan uji coba digunakan sebagai dasar perbaikan pada produk yang dikembangkan. Hasil dari validator ahli media menunjukkan 67,5% dengan kriteria layak, sedangkan untuk validator ahli sebesar 94,11 % dengan kriteria sangat layak dan sesuai. Kemudian untuk hasil uji lapangan yang diperoleh melalui tes soal pre tes maupun post test menunjukkan hasil yang berbeda pada setiap kelasnya. Pada kelas kontrol dalam menggunakan media konvensional diperoleh rata-rata sebesar 29,88 % dalam kategori kurang efektif dan untuk kelas eksperimen komik diperoleh sebesar 56,2 % dalam kategori efektif, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media komik jauh lebih besar keefektifaanya dibandingkan menggunakan media konvensional. Hal ini didukung juga dengan hasil dari uji hipotetsis Wilcoxon yang diolah melalui SPSS 22 diperoleh sginifikansi 0,000 < 0,05, yang kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang sesudah dan sebelum menggunakan “KomiMako.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113131

Actions (login required)

View Item View Item