Pengembangan model pembelajaran mapping-project berbasis potensi lokal pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) untuk meningkatkan kompetensi berwirausaha sisw SMK/ Della Rulita Nurfaizana

Nurfaizana, Della Rulita (2019) Pengembangan model pembelajaran mapping-project berbasis potensi lokal pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) untuk meningkatkan kompetensi berwirausaha sisw SMK/ Della Rulita Nurfaizana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rulita, Della. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Mapping-Project berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (PKK) untuk Meningkatkan Kompetensi Berwirausaha Siswa SMK. Thesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd, (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S. Kata Kunci : Model Pembelajaran Mapping-Project, Potensi Lokal, Kompetensi Berwirausaha Program Kewirausahaan di SMK telah sepenuhnya mendapatkan perhatian Pemerintah. Presiden menginstruksikan supaya disusun peta kebutuhan tenaga kerja bagi lulusan SMK sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dengan berpedoman pada peta jalan pengembangan SMK. Pemanfaatan potensi lokal sebagai upaya peningkatan keterampilan dan kesejahteraan berbasis kewirausahaan tercakup dalam capaian pembelajaran mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di SMK. Guru PKK dituntut untuk dapat mengembangkan model pembelajaran kreatif, adaptif dan berbasis praktik sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang cukup untuk menumbuhkan keyakinan diri dan kompetensi. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan model pembelajaran mapping-project berbasis potensi lokal dan menerapkan langkah-langkah pembelajarannya, 2) Mengetahui efektivitas pengembangan model pembelajaran mapping-project berbasis potensi lokal terhadap peningkatan kompetensi berwirausaha siswa SMK pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Spesifikasi produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model mapping project berbasis potensi lokal meliputi : 1) RPP dan skenario pembelajaran, 2) Lembar Kerja Siswa berbentuk business-map. Pengembangan ini menggunakan pendekatan Borg and Gall dengan tahapan : 1) research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary form of product, 4) validasi ahli, 5) main product revision, 6) operational field testing, 7) final product revision, 8) final product. Berdasarkan validasi ahli materi terhadap penyajian materi, RPP, dan LKS serta validasi ahli teknologi pembelajaran terhadap media iMindMap berada pada rentang penilaian 80-100% yang secara umum baik dan layak digunakan tanpa revisi. Model mapping-project berbasis potensi lokal kemudian diujicobakan pada kelas XI TPHP SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa setelah diterapkan model mapping-project berbasis potensi lokal, kompetensi berwirausaha siswa pada aspek pengetahuan meningkat 73%, keterampilan meningkat 74% dan sikap meningkat 75%. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya upaya memaksimalkan kompetensi siswa dalam berwirausaha. Berdasarkan hal tersebut, saran bagi peneliti selanjutnya : 1) Pengembangan model pembelajaran mapping-project berkolaborasi dengan DU/DI sehingga siswa mampu mengkomunikasikan ide bisnisnya dan membentuk networking, 2) Pengembangan model mapping-project dengan subyek penelitian siswa SMK lintas jurusan untuk produk yang variatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113129

Actions (login required)

View Item View Item