Pengembangan modul ekonomi berbasis nilai kearifan lokal Minahasa untuk SMA / Felisitas Lifi Toiyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ekonomi berbasis nilai kearifan lokal Minahasa untuk SMA / Felisitas Lifi Toiyo

Toiyo, Felisitas Lifi (2019) Pengembangan modul ekonomi berbasis nilai kearifan lokal Minahasa untuk SMA / Felisitas Lifi Toiyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Toiyo Felisitas Lifi. 2019. Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Nilai Kearifan Lokal Minahasa Untuk SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr.Sugeng Hadi Utomo M.S. Kata Kunci Modul Ekonomi Nilai Kearifan Lokal Minahasa. Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran ekonomi kepada siswa akan membentuk suatu sikap ekonomi yang baik dan berdampak positif dalam menyejahterakan masyarakat secara umum dan diri siswa secara khusus. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan yakni menghasilkan modul ekonomi berbasis nilai kearifan lokal Minahasa untuk mempermudah siswa dalam belajar mandiri untuk memahami proses ekonomi sambil membentuk sikap ekonomi yang baik sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal yang ada. Sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai yakni untuk memperluas pengetahuan siswa kelas X SMA Negeri 3 Tondano peneliti memakai model Borg dan Gall dalam penelitian dan pengembangan ini sebagai acuan dalam melakukan penelitian dan pengembangan pada saat belajar ekonomi. Peneliti sedikit memodifikasi kesepuluh tahapan menjadi tujuh tahapan penelitian dan pengembangan diantaranya (1) penelitian awal (2) tahap perencanaan (3) desain prototype awal (4) uji coba kelayakan ahli dan praktisi (5) revisi produk (6) uji coba produk pada subjek (7) revisi produk akhir yang menghasilkan RPP dan Modul ekonomi yang layak dan siap digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat dideterminasikan penelitian pengembangan modul ekonomi berbasis nilai kearifan lokal Minahasa masuk kategori valid dengan persentase 82% atau terkategori layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Sedangkan dari hasil pretest dan postest yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mampu membuka wawasan dan menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113126

Actions (login required)

View Item View Item