Pembelajaran kalimat sederhana bahasa Arab dengan media visual untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V di MIA 05 Singosari / Muhammad Sholehuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kalimat sederhana bahasa Arab dengan media visual untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V di MIA 05 Singosari / Muhammad Sholehuddin

Sholehuddin, Muhammad (2014) Pembelajaran kalimat sederhana bahasa Arab dengan media visual untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V di MIA 05 Singosari / Muhammad Sholehuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sholehuddin Muhammad. 2014. Pembelajaran Kalimat Sederhana Bahasa Arab dengan Media Visual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MIA 05 Singosari. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Muhaiban (II) Dr. Lilik Nur Kholidah M. Pd. Kata Kunci kalimat sederhana media visual minat dan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran kalimat sederhana sering terabaikan oleh guru karena guru cenderung memperhatikan kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu pembelajaran kalimat sederhana perlu mendapatkan perhatian khusus sebagai alternatif dalam mengembangkan pembelajaran bahasa Arab. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pada kenyataan di lapangan penggunaan media masih sering terabaikan disebabkan beberapa hal seperti terbatasnya waktu untuk membuat persiapan dan tidak tersedianya biaya. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti salah satu faktor minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa relatif rendah adalah pada media dalam pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media visual dalam pembelajaran pola kalimat sederhana mendeskripsikan peningkatan minat siswa dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kalimat sederhana bahasa Arab dengan media visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan beberapa siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIA 05 Singosari dengan menggunakan kelas V sebagai subjek penelitian pada bulan Maret-April 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kalimat sederhana bahasa Arab dengan media visual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Indikator meningkatnya minat siswa adalah meningkatnya prosentase minat siswa dari siklus I yang berkategori baik meningkat pada siklus II yang berkategori sangat baik. Sedangkan indikator meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yang berkategori cukup dengan ketuntasan berkategori cukup meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata siswa berkategori sangat baik dengan ketuntasan berkategori baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disarankan kepada pihak madrasah untuk menjadikan media visual sebagai media pembelajaran bahasa Arab terutama pembelajaran kalimat sederhana bahasa Arab siswa kelas V. Media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya lebih bervariasi agar siswa tidak mudah bosan dan jenuh dengan pembelajaran bahasa Arab. Adapun saran bagi penelitian lanjutan yang serupa adalah hendaknya menggunakan media yang lain seperti audio maupun audiovisual sebagai media pembelajaran bahasa Arab agar media yang digunakan dalam proses pembelajaran lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11299

Actions (login required)

View Item View Item