Al-Thibaq fi suratayin-nisa'i wal-maidati (dirasah tahliliyyah balaghiyyah) / Inna Atana Fauzuna - Repositori Universitas Negeri Malang

Al-Thibaq fi suratayin-nisa'i wal-maidati (dirasah tahliliyyah balaghiyyah) / Inna Atana Fauzuna

Fauzuna, Inna Atana (2014) Al-Thibaq fi suratayin-nisa'i wal-maidati (dirasah tahliliyyah balaghiyyah) / Inna Atana Fauzuna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzuna Inna Atana. 2014. Thibaq dalam Surat An-Nisa dan Al-Maidah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Syatibi Nawawi M. Pd (II) Ibnu Samsul Huda S.S M.Pd. Kata kunci thibaq Surat An-Nisa Surat Al-Maidah 12288 12288 12288 12288 Al-Qur an merupakan suatu mukjizat dari Allah SWT baik dari segi sejarah asal muasal dan segi yang berbeda-beda diantaranya dari segi keotentikan keindahan bahasa kisah hikmah dan keilmuan yang bermacam-macam. Hampir semua ayat Al-Qur an mengandung mukjizat keindahan bahasa termasuk keindahan bahasa dari segi makna. Peneliti memilih menganalisis kajian thibaq karena kajian ini merupakan salah satu macam keindahan bahasa dari segi makna yang banyak ditemukan dalam Al-Qur an. Surat An-Nisa dan Al-Maidah termasuk nama surat yang terdapat dalam Al-qur an. Peneliti banyak menemukan unsur thibaq didalamnya sehingga peneliti memilih kedua surat tersebut. Di samping itu belum pernah ditemukan kajian khusus mengenai thibaq pada kedua surat itu. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis hal-hal yang mencakup (1) Ayat-ayat yang mengandung unsur thibaq dalam surat An-Nisa dan Al-Maidah (2) Bentuk thibaq dalam Surat An-Nisa dan Al-Maidah (3) Manfaat thibaq dalam Surat An-Nisa dan Al-Maidah. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diambil dari ayat-ayat pada Surat An-Nisa dan Al-Maidah di Al-Qur an. Sumber penelitian utamanya adalah Al-Qur an dan instrumennya adalah peneliti sendiri atau disebut dengan human instrument. Hasil penelitian ini adalah (1) Ayat-ayat yang mengandung unsur thibaq dalam Surat An-Nisa dan Al-Maidah terdiri dari 100 ayat 59 ayat dalam Surat An-Nisa dan 41 ayat dalam Surat Al-Maidah (2) Bentuk thibaq dalam Surat An-Nisa dan Al-Maidah adalah thibaq ijab dan thibaq salbi yang berupa 2 kata benda 2 kata kerja 2 huruf dan berupa kata benda dan kata kerja (2 bentuk yang berbeda) (3) Manfaat thibaq dalam Surat An-Nisa dan Al-Maidah adalah a. memperkuat dan memperjelas makna b. menambah keindahan ucapan dan c.manfaat ganda memperkuat dan memperjelas makna serta menambah keindahan ucapan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pengajar ilmu balaghah untuk memanfaatkan dan menggunakan contoh unsur-unsur dan bentuk thibaq beserta manfaat-manfaatnya dalam proses pembelajaran. Kemudian kepada para peneliti sastra kiranya dapat menjadikan penelitian ini sebagai rujukan penelitian sastra khususnya dalam kajian ilmu balaghah mengenai keindahan makna yang disebut thibaq. Sebagaimana peneliti menghimbau kepada peneliti lain untuk mengadakan penelitian dengan judul lain untuk menambah ilmu dan pengetahuan yang bermacam-macam. Lalu penulis juga menyarankan kepada pembaca untuk memanfaatkan kelebihan yang ada dalam penelitian ini dan tidak memanfaatkan kekurangan maupun kesalahan di dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item View Item