Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Lamongan / Nur Dina Kamelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Lamongan / Nur Dina Kamelia

Kamelia, Nur Dina (2014) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Lamongan / Nur Dina Kamelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTsN Lamongan. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Moh. Khusairi M.Pd. (II) Achmad Sultoni S.Ag M.Pd.I. Kata Kunci model pembelajaran STAD kemampuan membaca MTs. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Keberhasilan dalam belajar bahasa Arab sebagai bahasa asing tidak hanya bertumpu pada kurikulum akan tetapi juga pada strategi dan model pembelajaran yang digunakan. Ada 4 kemampuan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Arab di antaranya adalah kemampuan membaca. Dalam pembelajaran kemampuan membaca guru bahasa Arab MTsN Lamongan menggunakan metode terjemah. Hal tersebut membuat siswa selalu bergantung pada guru dan tidak dapat belajar secara mandiri. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat dan inovatif untuk memotivasi dan menarik minat siswa untuk belajar secara mandiri sehingga pada akhirnya meningkatkan kemampuan membaca siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran STAD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD dan efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Lamongan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data pada penelitian ini terdiri atas dua macam yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data penelitian berupa dokumen guru peneliti sebagai guru dan siswa kelas VII-F MTsN Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes penyebaran angket wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif yang diuraikan secara deskriptif. Peneliti terlibat langsung mulai pengumpulan data analisis data hingga penyusunan laporan. Penelitian ini terdiri atas 3 siklus masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Prosedur penelitian terdiri atas 4 tahap meliputi a) perencanaan b) pelaksanaan c) observasi dan d) refleksi. 12288 12288 12288 12288 Deskripsi hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut (1) penerapan model pembelajaran STAD dalam penelitian ini dilakukan dengan cara siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil dan diminta untuk berdiskusi mengerjakan lembar kerja siswa (LKS). LKS terdiri dari 4 latihan soal untuk peningkatan kemahiran membaca antara lain mengisi tabel membuat peta pikiran meringkas bacaan berbahasa Arab dan menerjemahkan ringkasan tersebut. (2) model pembelajaran STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Lamongan karena setelah diterapkan model pembelajaran STAD kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai membaca nyaring hasil nilai LKS dan hasil tes siswa. Adapun nilai rata-rata siklus I yaitu 54 86 dengan 5 siswa (13 89%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Nilai rata-rata siklus II yaitu 72 42 dengan 21 siswa (58 33%) yang mencapai KKM. Nilai rata-rata siklus III yaitu 79 05 dengan 28 siswa (77 77%) yang mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item