Pembelajaran keterampilan menyimak dan membasa bahasa Arab di MTs Al Ishlah Dlopo Kediri / Farichatul Chusnaa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran keterampilan menyimak dan membasa bahasa Arab di MTs Al Ishlah Dlopo Kediri / Farichatul Chusnaa

Chusnaa, Farichatul (2014) Pembelajaran keterampilan menyimak dan membasa bahasa Arab di MTs Al Ishlah Dlopo Kediri / Farichatul Chusnaa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chusnaa Farichatul. 2014. Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Membaca Bahasa Arab di MTs Al Ishlah Dlopo Kediri. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurul Murtadho M.Pd (II) Moh. Ahsanuddin S.Pd M.Pd Kata kunci Keterampilan menyimak dan membaca bahasa Arab MTs Al Ishlah Dlopo Kediri 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran keterampilan menyimak dan membaca bahasa Arab (2) kesulitan pembelajaran dan (3) mencari solusi mengatasi kesulitan. Dalam penelitian deskriptif kualitatif subyeknya adalah 122 siswa dan guru bahasa Arab. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dalah observasi wawancara dan angket. Langkah-langkah analisis data (a) pengumpulan data dan pengecekkan (b) reduksi data (c) penyajian data dan (d) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan temuan dilakukan (a) observasi terus-menerus (b) mendiskusikan data dan hasil analisis dengan pembimbing dan (c) memeriksa cacatan lapangan dengan cermat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 59 8% responden menyatakan pembelajaran keterampilan menyimak dan membaca cukup baik. Metode yang digunakan adalah metode Audio-Lingual dan Qiroah (2) kesulitan keterampilan menyimak dan membaca antara lain (a) keterbatasan kosa kata (b) kurangnya perhatian (c) waktu belajar sedikit (d) kurangnya latihan (e) sulit memahami pasangan minimal (f) kurangnya motivasi (g) sulit membaca dan (h) jenuh (3) solusi mengatasi kesulitan keterampilan menyimak dan membaca antara lain (a) pengenalan kosa kata (b) metode pembelajaran yang variatif (c) tambahan waktu (d) intensitas melatih indra pendengar dan pengecap (e) pemberian motivasi dan (f) media yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11288

Actions (login required)

View Item View Item