Implementasi evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Nu Sidoarjo / Diniyah Maftuchah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Nu Sidoarjo / Diniyah Maftuchah

Maftuchah, Diniyah (2014) Implementasi evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Nu Sidoarjo / Diniyah Maftuchah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maftuchah Diniyah. 2014. Implementasi Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs NU Sidoarjo. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Moh. Ainin M. Pd. (II) Dr. Syafaat S.Ag. M.Ag. Kata kunci implementasi evaluasi pembelajaran bahasa Arab 12288 12288 12288 12288 Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs NU Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi evaluasi maharah istima dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs NU Sidoarjo (2) mendeskripsikan implementasi evaluasi maharah kalam dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs NU Sidoarjo (3) mendeskripsikan implementasi evaluasi maharah qiraah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs NU Sidoarjo (4) mendeskripsikan implementasi evaluasi maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs NU Sidoarjo. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yaitu berupa fenomena implementasi evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII yang telah dirumuskan dalam tujuan penelitian yang meliputi maharah istima maharah kalam maharah qiraah dan maharah kitabah. Sumber data diperoleh dari guru bahasa Arab dan siswa. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrument bantu meliputi panduan observasi panduan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di MTs NU Sidoarjo menggunakan teknik tes yang meliputi keterampilan istima standar kompetensinya adalah memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan Keterampilan kalam standar kompetensinya adalah mengungkapkan pikiran gagasan pengalaman melalui kegiatan berbicara keterampilan qiraah standar kompetensinya adalah memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk wacan baik fisik maupun non fiksi melalui kegiatan mmbaca keterampilan kitabah standar kompetensinya adalah mengungkapkan pikiran gagasan pengalaman melalui kegiatan menulis. Tes tersebut berbentuk tes tulis dan tes lisan. Tes tulis berupa tes objektif (pilihan) dan tes subjektif (esai). Jenis evaluasi yang digunakan adalah formatif dan sumatif. Hasil evaluasi berupa nilai/skor. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi sekolah untuk mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang mencakup tujuan materi metode pembelajaran dan evaluasi. Hal ini dalam rangka meningkatkan pengembangan pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab ke arah yang lebih baik. Guru hendaknya memperhatikan instrument evaluasi yang digunakan untuk mengukur kompetensi siswa khususnya bahasa Arab. Selain itu guru hendaknya mengembangkan lagi jenis-jenis evaluasi yang digunakan agar model soal tes yang dievaluasi lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item View Item