Pembelajaran seni kaligrafi Arab di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan / Abdul Hamid Fikri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran seni kaligrafi Arab di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan / Abdul Hamid Fikri

Fikri, Abdul Hamid (2014) Pembelajaran seni kaligrafi Arab di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan / Abdul Hamid Fikri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd (2) Ibnu Samsul Huda S.S M.A. Kata Kunci pembelajaran Seni Kaligrafi Arab Pondok Pesantren Sidogiri. 12288 12288 12288 Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) merupakan salah satu pesantren salaf yang berada di Jawa Timur tepatnya di Desa Sidogiri Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Pondok Pesantren Sidogiri mempunyai kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi Arab yang diajarkan pada tingkat (1) Ula (2) Wustha dan (3) Ulya. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran seni kaligrafi Arab di PPS. Secara khusus bertujuan untuk mendiskripsikan hal-hal sebagai berikut (1) tujuan pembelajaran seni kaligrafi Arab di PPS (2) bahan ajar yang digunakan (3) metode pembelajaran yang digunakan (4) media pembelajaran yang digunakan (5) evaluasi yang digunakan dan (6) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru seni kaligrafi Arab pengurus Jam iyah Tahsinul Khath dan santri PPS. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yang digunakan adalah pedoman wawancara angket dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara angket dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah (a) reduksi data (b) penyajian data dan (c) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan temuan dilakukan (a) observasi tiap pertemuan (b) mendiskusikan data dan hasil analisis dengan pihak yang dipandang ahli (c) memeriksa kembali catatan lapangan secara cermat dan (d) memanfaatkan sumber di luar data yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni kaligrafi Arab di PPS sebagai berikut (1) tujuan pembelajaran seni kaligrafi Arab di PPS yaitu untuk mengembangkan bakat minat dan kreatifitas santri pada era globalisasi dan dapat berperan serta menciptakan peluang kerja (2) bahan ajar yang digunakan adalah Majmu Al-Khuthuth Al- Ashriyah (3) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode campuran variasi yang digunakan guru seni kaligrafi Arab di PPS yaitu (a) guru memberikan contoh-contoh karya Khatthath (b) memberikan tugas dengan mencontoh karya master (c) memberikan contoh dipapan tulis (d) melihat buku panduan (e) mengajak murid untuk melihat pameran (f) mengajak murid belajar di galeri kaligrafi (g) berkunjung kerumah Khatthath dan (h) berkarya. (4) media pembelajaran yang digunakan yaitu media visual (LCD) papan tulis meja kursi buku panduan kertas/buku gambar alat-alat tulis (pensil andam tinta cina penghapus dan sebagainya) (5) teknik penilaian/evaluasi dilakukan dengan 2 kali dalam bentuk tulis (a) sebelum libur maulid dan (b) setelah libur maulid (6) faktor pendukung pembelajaran seni kaligarfi Arab di PPS berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal yaitu (a) faktor internal yaitu adanya tulisan-tulisan kaligrafi Arab yang terpampang di mading pesantren didaerah-daerah (komplek) dan di kamar-kamar santri (b) faktor eksternal yaitu adanya musabaqoh antar konsulat daerah musabaqoh antar pesantren dan MTQ yang diselenggarakan pemerintah. Adapun faktor penghambat pembelajaran berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal sebagai berikut (a) faktor internal yaitu adanya kegiatan di pesantren yang terkadang mengharuskan libur (b) faktor eksternal yaitu ada teman yang memprovokasi. Untuk meminimalisir hambatan-hambatan tersebut dilakukan beberapa langkah yaitu tetap melanjutkan pelajaran pada pertemuan berikutnya dan memberikan jam tambahan agar tidak sampai ketinggalan dari materi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan beberapa saran kepada (a) ketua pengurus Jam iyah Tahsinul Khath agar selalu memberikan motivasi kepada siswa agar lebih meningkatkan semangat dalam belajar seni kaligrafi Arab (b) guru seni kaligrafi Arab agar lebih kreatif dan inovatif dalam pengajarannya agar siswa tidak bosan belajar kaligrafi Arab dan agar sesuai dengan apa yang diharapkan (c) siswa agar lebih bersemangat dan memanfaatkan kesempatan belajar seni kaligrafi Arab di PPS agar berguna bagi dirinya dan orang lain dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item