Kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 Bahasa Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi / Farid Shohibul Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 Bahasa Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi / Farid Shohibul Fahmi

Fahmi, Farid Shohibul (2014) Kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 Bahasa Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi / Farid Shohibul Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fahmi Farid Shohibul. 2014. Kemampuan Membaca Pemahaman Buku Teks Bahasa Arab Siswa Kelas 2 Bahasa Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurul Murtadho M.Pd (II) Dr. Lilik Nur Kholidah M.Pd.I. Kata Kunci membaca pemahaman bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gondanglegi Keberhasilan dalam belajar bahasa Arab sebagai bahasa asing tidak hanya sekedar bertumpu pada kurikulum akan tetapi juga pada model dan strategi pembelajaran. Selain itu terdapat 4 kemampuan berbahasa yang harus dikuasai termasuk kemampuan membaca. Membaca merupakan suatu keterampilan berbahasa yang sangat kompleks karena melibatkan ingatan pengalaman otak pengetahuan kemampuan bahasa keadaan psikologis dan emosional. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara obyektif kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 Bahasa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gondanglegi beserta aspek-aspeknya yang terdiri atas (1) pemahaman kosakata (2) pemahaman kalimat (3) pemahaman ide pokok dalam paragraf dan (4) pemahaman tema wacana. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Terdapat empat jenis instrumen dalam pengumpulan data yaitu (1) Tes (2) Wawancara (3) Angket dan (4) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Adapun Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 Bahasa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gondanglegi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut (1) kemampuan siswa dalam membaca pemahaman buku teks bahasa Arab secara umum dikategorikan rendah karena terdapat 26 92% siswa mendapat skor standar di atas 55 (2) sedangkan secara khusus kemampuan siswa dalam pemahaman kosakata dikategorikan rendah karena terdapat 38 47% siswa mendapat skor standar di atas 55 kemampuan siswa dalam pemahaman kalimat dikategorikan rendah karena terdapat 57 69% siswa mendapat skor standar di atas 55 kemampuan siswa dalam pemahaman ide pokok dalam paragraf dikategorikan rendah karena terdapat 42 30% siswa mendapat skor standar di atas 55 dan kemampuan siswa dalam pemahaman tema wacana dikategorikan rendah karena terdapat 30 77% siswa mendapat skor standar di atas 55.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11284

Actions (login required)

View Item View Item