Pengembangan media gambar dalam bentuk komik untuk keterampilan qira'ah siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Suruhan Lor Bandung Tulungagung / Nofa Istiqlaliya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media gambar dalam bentuk komik untuk keterampilan qira'ah siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Suruhan Lor Bandung Tulungagung / Nofa Istiqlaliya

Istiqlaliya, Nofa (2014) Pengembangan media gambar dalam bentuk komik untuk keterampilan qira'ah siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Suruhan Lor Bandung Tulungagung / Nofa Istiqlaliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Istiqlaliya Nofa. 2013. Pengembangan Media Gambar Dalam Bentuk Komik Untuk Keterampilan Qira ah Siswa Kelas VII MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Irhamni M. Pd (2) Ali Ma sum S. Pd M. A. Kata kunci Pembelajaran Bahasa Arab Media Gambar Komik MTs Belajar bahasa asing khususnya bahasa Arab tidak mudah apalagi lingkungan sekitar tidak dapat mendukung. Oleh karena itu dibutuhkan keuletan strategi dan motivasi yang tinggi. Belajar bahasa Arab sangat memerlukan usaha dan motivasi yang kuat baik secara internal maupun eksternal. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempermudah balajar bahasa Arab dengan menggunakan media. Media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah media gambar dalam bentuk komik. Penggunaan media gambar dalam bentuk komik pembelajaran telah banyak dilakukan oleh guru pelajaran lainnya. Akan tetapi penggunaannya dalam pembelajaran bahasa Arab masih belum banyak digunakan. Oleh sebab itu penelitian ini mengembangkan media gambar dalam bentuk komik pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan qira ah untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengembangan media gambar dalam bentuk komik untuk keterampilan qira ah siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Suruhan Lor Bandung dan (2) mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan media gambar dalam bentuk komik untuk keterampilan qira ah siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Suruhan Lor Bandung. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model penelitian dan pengembangan milik Borg and Goll yang dimodifikasi dan disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Tahapan-tahapan pengembangan media pembelajaran ini adalah (1) analisis kebutuhan (2) desain produk (3) pengembangan produk (4) uji ahli (5) uji coba lapangan (6) revisi produk ( produk akhir pengembangan media gambar dalam bentuk komik untuk keterampilan qira ah siswa kelas VII MTs. Hasil penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Pertama menganalisis kebutuhan. Pada tahapan pertama ini mengkaji literatur yang berkaitan dengan pengembangan produk. Dalam hal ini mencermati materi LKS (Lembar Kerja Siswa) sebagai pijakan dalam pengembangan bahan isi atau materi yang dimuat dalam produk . Kedua mendesain produk. Pada tahapan ini kegiatan yang dilakukan adalah merancang desain produk dan menyusun materi yang akan dikembangkan. Ketiga tahapan pengembangan produk. Kegiatan pada tahapan ini adalah mengembangkan produk dengan menggunakan perangkat pendukung yang berkaitan dengan kegiatan pengembangan. Baik perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Keempat tahapan uji ahli. Pada tahapan ini kegiatan yang dilakukan adalah menguji produk yang telah dikembangkan kepada ahli. Kegiatan dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli yang berkompeten dalam bidang ini baik dari aspek media maupun ASPEK materi. Kelima setelah melewati tahapan uji ahli. Kemudian melakukan tahapan uji coba lapangan. Uji lapangan dilakukan di lokasi penelitian guna mengetahui saran atau pendapat secara tertulis langsung dari para siswa uji coba selaku subyek uji coba. Keenam tahapan terakhir dari rangakaian kegiatan penelitian pengembangan ini adalah revisi produk. Revisi produk dimaksudkan untuk menyempurnakan produk sehingga layak digunakan. Berdasarkan penilaian ahli media diketahui bahwa pengembangan media gambar dalam bentuk komik pembelajaran ini cukup valid (65%). Sementara itu berdasarkan penilaian dari ahli materi diketahui bahwa media pembelajaran media gambar dalam bentuk komik ini sangat valid ( 82 5%). Sedangkan dari hasil uji coba lapangan oleh guru bahwa media pembelajaran media gambar dalam bentuk komik ini valid ( 75%) serta hasil uji coba pada peserta didik diketahui bahwa media pembelajaran media gambar dalam bentuk komik ini valid (80 5%). Dengan media gambar dalam bentuk komik pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs semester gasal (satu) khususnya pada keterampilan qira ah ini dinyatakan valid atau layak digunakan (80 5%). Pada penelitian pengembangan terdapat diseminasi terhadap produk yang dikembangkan. Diseminasi adalah tindakan terakhir seorang peneliti terhadap produk yang dikembangkan. Adapun diseminasi dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) meng-hakpaten-kan produk agar peneliti memilikki wewenang yang sah untuk memproduksi secara umum dan (2) melaksanakan produksi massal produk yang berupa media gambar dalam bentuk komik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11282

Actions (login required)

View Item View Item