Padanan budaya fabel dalam buku Kan Ya Ma Kan dan Serat Kancil / Andhika Cantik Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Padanan budaya fabel dalam buku Kan Ya Ma Kan dan Serat Kancil / Andhika Cantik Maharani

Maharani, Andhika Cantik (2014) Padanan budaya fabel dalam buku Kan Ya Ma Kan dan Serat Kancil / Andhika Cantik Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maharani Andhika Cantik. 2013. Padanan Budaya Fabel dalam Buku K n Y M K n dan Serat Kancil. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Irhamni M.Pd. (II) Ibnu Samsul Huda S.S. M.A. Kata Kunci padanan budaya fabel Kaan Yaa Maa Kaan Serat Kancil 12288 12288 12288 12288 Fabel ialah kisah yang menggambarkan manusia secara alegori tokoh-tokohnya diperankan oleh binatang dan mengandung nilai moral. Sebagai tradisi lisan fabel mengalir dari mulut ke mulut sehingga menarik ketika kini telah dibukukan. Peneliti membaca menerjemah dan menemukan bahwa salah satu dari kedelapan fabel dalam K n Y M K n yaitu as Sulahf h wal Arnab memiliki alur cerita persis dengan fabel yang berkembang di Indonesia yaitu Kancil dan Keong. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memperoleh dua hal pertama mendeskripsikan unsur budaya beserta struktur dan relasi antara fabel as Sulahf h wal Arnab dalam buku K n Y M K n serta fabel Kancil dan Keong dalam Serat Kancil dengan model pendekatan L vi-Strauss. Kedua mendapatkan deskripsi padanan budaya pada teks fabel as Sulahf h wal Arnab dalam buku K n Y M K n dengan fabel Kancil dan Keong dalam Serat Kancil. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa dua teks fabel dari kesusastraan Arab dan Indonesia yaitu as Sulahf h wal Arnab dalam buku K n Y M K n serta Kancil dan Keong dalam buku Serat Kancil. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dengan menggunakan pendekatan L vi-Strauss yaitu relasi dan struktur. Data dikumpulkan dalam bentuk tabel berdasarkan tujuh unsur kebudayaan Kluckhohn dan dikonversikan menjadi nilai budaya hasil pengembangan Condon dan Yousef. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yaitu pertama ketujuh unsur kebudayaan berupa sistem religi sistem kemasyarakatan sistem pengetahuan bahasa kesenian sistem mata pencaharian hidup dan sistem teknologi dapat ditemukan pada teks fabel as Sulahf h wal Arnab serta fabel Kancil dan Keong. 12288 12288 12288 12288 Kedua padanan budaya ditemukan pada (1) sistem religi berupa relasi nilai hubungan manusia dengan alam gaib dan pemahaman mengenai alam semesta (2) sistem pengetahuan berupa relasi nilai cara untuk memahami alam dan konsep waktu (3) unsur bahasa berupa relasi nilai persepsi manusia terhadap waktu (4) unsur kesenian berupa relasi nilai persepsi manusia tentang kebahagiaan dan (5) sistem teknologi berupa relasi nilai pandangan manusia terhadap alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item