Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan metakognitif dan keterampilan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Malang / Tesa Manisa

Tesa (2020) Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan metakognitif dan keterampilan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Malang / Tesa Manisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pendidikan abad XXI memiliki karakteristik dengan adanya beberapa keterampilan yang berguna bagi pembelajar agar menjadi pribadi yang dapat berkompetisi di kehidupan yang akan datang. Beberapa keterampilan yang penting untuk diberdayakan adalah keterampilan metakognitif dan keterampilan memecahkan masalah. Faktanya keterampilan metakognitif dan keterampilan memecahkan masalah siswa di dua SMA Negeri di Kota Malang masih rendah. Permasalahan ini disebabkan oleh perbedaan kemampuan akademik siswa. Solusi untuk memecahkan permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran RICOSRE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif dan keterampilan memecahkan masalah siswa kelas X MIPA di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan yakni kuasi eksperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Kota Malang. Sampel penelitian diambil menggunakan metode cluster random sampling. Penentuan sekolah menggunakan undian sehingga sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Malang dan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Malang. Selanjutnya penentuan kelas dilakukan dengan uji kesetaraan kelas menggunakan rerata nilai UN yang didapat dari PPDB Online, kemudian akan dianalisis menggunakan ANAVA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes esai pada Kompetensi Dasar 3.5 & 4.5 dan 3.6 & 4.6. Uji prasyarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan two way ancova dengan taraf signifikasi 0,5% yang dilanjutkan dengan uji beda BNT. Hasil penelitian memperlihatkan 1) terdapat perbedaan keterampilan metakognitif dan keterampilan memecahkan masalah yang difasilitasi dengan model pembelajaran RICOSRE, 2) terdapat perbedaan keterampilan metakognitif dan keterampilan memecahkan masalah siswa pada akademik tinggi dan rendah, 3) terdapat perbedaan keterampilan metakognitif dan keterampilan memecahkan masalah pada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan perbedaan kemampuan akademik terhadap variabel terikat lain. Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Memecahkan Masalah, RICOSRE, Kemampuan Akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112746

Actions (login required)

View Item View Item