Pengembangan modul pembelajaran berdasarkan penelitian pendugaan pewarisan sifat dan jumlah gen pengendali karakter morfologi dan agronomi kedelai generasi F2 / Dasriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berdasarkan penelitian pendugaan pewarisan sifat dan jumlah gen pengendali karakter morfologi dan agronomi kedelai generasi F2 / Dasriani

UNSPECIFIED (2019) Pengembangan modul pembelajaran berdasarkan penelitian pendugaan pewarisan sifat dan jumlah gen pengendali karakter morfologi dan agronomi kedelai generasi F2 / Dasriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dasriani. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Berdasarkan Penelitian Pendugaan Pewarisan Sifat dan Jumlah Gen Pengendali Karakter Morfologi dan Agronomi Kedelai Generasi F2. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. Heru Kuswantoro S.P. M.P. Kata Kunci Kedelai Karakter Morfologi Karakter Agronomi Pendugaan Pewarisan Sifat Jumlah Gen Pengendali Pengembangan Modul. Salah satu tujuan pengembangan kompetensi dasar pada jenjang SMK agar siswa aktif belajar melalui pengembangan proses pembelajaran oleh guru dengan sumber dan bahan ajar yang memadai. Proses pembelajaran ini memerlukan waktu yang lebih panjang sehingga perlu adanya sumber atau bahan pendukung dalam pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa lebih aktif dan belajar secara mandiri. Kenyataannya sumber dan bahan ajar di sekolah masih terbatas dan perlu tambahan bahan ajar pendukung lainnya. Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan di kelas X SMK Negeri 2 Batu pada mata pelajaran Biologi menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Biologi khususnya materi genetik sehingga siswa membutuhkan tambahan sumber atau bahan ajar yang dapat mengarahkan untuk belajar mandiri mengingat waktu belajar di sekolah lebih sedikit. Modul adalah salah satu bahan ajar cetak yang disusun secara sistematis dan dapat dipelajari siswa secara mandiri. Modul yang dikembangkan berdasarkan penelitian pendugaan pewarisan sifat dan jumlah gen pengendali karakter morfologi dan agronomi kedelai generasi F2. Topik hasil penelitian ini sesuai dengan salah satu topik pembelajaran pada mata pelajaran Biologi SMK Negeri 2 Batu yaitu materi genetik dan peranannya dalam pewarisan sifat makhluk hidup. Sekolah ini dipilih sebagai subjek penelitian karena menjadi satu-satunya sekolah Pertanian di Malang yang memiliki jurusan Agribisnis Produksi Tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran berdasarkan hasil penelitian yang tervalidasi yang dipadu dengan teori yang relevan dengan harapan dapat menyediakan dan melengkapi bahan ajar yang sudah ada di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti tahapan pengembangan ADDIE (Analyze Design Develop Implement dan Evaluate). Model ADDIE linier dipilih karena lebih sistematis dan revisi hanya dilakukan setelah semua tahapan ADDIE dilaksanakan sehingga bisa meminimalisir waktu penelitian. Pada tahap Analyze dilakukan analisis kebutuhan untuk menghimpun informasi di sekolah. Tahap Design dilakukan perancangan produk yang dimulai dengan melakukan penelitian murni dengan hasil bahwa sebagian besar pola pewarisan sifat karakter morfologi dan agronomi kedelai generasi F2 dipengaruhi oleh aksi gen aditif dengan pengaruh epistatis komplementer dikendalikan oleh banyak gen dan sebagian dipengaruh aksi gen epistatis duplikat yang dikendalikan oleh sedikit gen. Aksi gen merupakan pengaruh satu alel terhadap alel lain pada lokus yang sama dan atau pengaruh satu alel pada satu lokus terhadap alel pada lokus yang lain yang menyebabkan modifikasi rasio fenotip. Gen yang mengendalikan karakter suatu tanaman dipengaruhi oleh aksi gen aditif epistatis dan dominan. Hasil penelitian ini menjadi bahan dalam menyusun draft modul pembelajaran dengan topik materi genetik dalam pewarisan sifat yang dipadu dengan teori lain yang relevan. Modul terdiri dari tiga bagian utama yaitu bagian pembuka bagian inti dan bagian penutup. Pada tahap Develop dilakukan validasi oleh validator ahli media ahli materi dan praktisi lapangan terhadap modul yang dikembangkan. Hasil validasi ahli media (96 07%) termasuk kriteria sangat valid dengan sedikit revisi hasil validasi ahli materi (97 36%) termasuk kriteria sangat valid dengan sedikit revisi dan hasil penilaian oleh praktisi lapangan (90 63%) termasuk kriteria sangat praktis dengan sedikit revisi. Penelitian hanya terbatas pada uji keterbacaan sehingga tahap Implement tidak dilaksanakan. Pada tahap Evaluate dilakukan evaluasi persepsi dengan uji keterbacaan siswa menggunakan angket respon siswa dengan hasil 82 60% dan termasuk kriteria baik dan cukup praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112744

Actions (login required)

View Item View Item