Analisis fungsi ekspresi gen SRY pada sapi pejantan bali sebagai bahan pengembangan buku suplemen berbantuan augmented reality struktur perkembangan hewan di Prodi Biologi Universitas Negeri Malang / Muh. Nur Akbar

Muh. Nur (2019) Analisis fungsi ekspresi gen SRY pada sapi pejantan bali sebagai bahan pengembangan buku suplemen berbantuan augmented reality struktur perkembangan hewan di Prodi Biologi Universitas Negeri Malang / Muh. Nur Akbar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Akbar, Muh. Nur. 2019. Analisis Fungsi Ekspresi Gen SRY Pada Sapi Pejantan Bali Sebagai Bahan Pengembangan Buku Suplemen Berbantuan Augmented Reality Struktur Perkembangan Hewan Di Program Studi Biologi Universitas Negeri Malang. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr.agr. Mohamad Amin, S.Pd., M.Si., (II) Dr. Umie Lestari, M.Si. Kata Kunci: gen SRY, sapi pejantan Bali, buku suplemen, augmented reality, struktur perkembangan hewan. Proses perkembangan embrio mammalia merupakan peristiwa yang sangat kompleks. Banyak faktor yang terlibat dalam proses tersebut, salah satunya yaitu faktor molekuler dan menjadi kunci dalam perkembangan embrio. Bentuk nyata faktor molekur yang dapat diamati yaitu pada proses determinasi kelamin. Beberapa sel yang terlibat sangat bergantung pada transkripsi dari gen. Gen yang berperan dalam determinasi kelamin yaitu gen SRY. Gen SRY merupakan gen yang terletak pada bagian pseudokromosomal dari kromosom Y dan tidak dimiliki kromosom X. Konsep tersebut merupakan konsep yang perlu dikuasai oleh mahasiswa pada mata kuliah Struktur Perkembangan Hewan (SPH II). Namun, berdasarkan observasi, wawancara dan analisis kebutuhan mahasiswa ditemukan kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep tersebut. Salah satunya yaitu kurangnya sumber belajar yang menjelaskan secara spesifik terkait determinasi kelamin dan peran gen SRY. Mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam memahami sumber belajar karena konsep yang disajikan merupakan konsep yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber belajar yang dapat mengatasi permasalahan yang dialami mahasiswa. Solusi yang ditawarkan yaitu pengembangan buku suplemen berbantuan augmented reality berdasarkan hasil penelitian analisis variasi dan prediksi ekspresi gen SRY pada sapi Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi dan prediksi ekspresi gen SRY pada sapi pejantan Bali melalui pendekatan biologi molekuler dan bioinformatika. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan buku suplemen berbantuan augmented reality topik perkembangan embrio mammalia khususnya organogenesis turunan mesoderm dan determinasi kelamin pada matakuliah Struktur Perkembangan Hewan II (SPH II). Penelitian ini terdiri dari dua tahapan penelitian. Penelitian tahap pertama merupakan penelitian deskriptif eksploratif sedangkan penelitian tahap selanjutnya yaitu pengembangan buku suplemen berbantuan augmented reality. Penelitian tahap pertama dilaksanakan melalui pendekatan molekuler dan bioinformatika mulai dari tahap isolasi DNA darah, nanodrop spektrofotometri (Uji kuantifikasi DNA hasil isolasi), Reaksi Polymerase Chain Reaction (PCR), Elektroforesis (Uji Kualitas DNA hasil isolasi), sekuensing dan analisis bioinformatik. Hasil penelitian tahap pertama menjadi bahan untuk penelitian tahap ke dua yaitu penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu tahapan menganalisis, mendesain, mengembangkan, menerapkan dan mengevaluasi. Tahapan mengevaluasi pada model ini dilakukan disetiap tahapan. Produk yang dikembangkan berupa buku suplemen berbantuan augmented reality perkembangan embrio mammalia. Produk yang telah dikembangkan akan dinilai melalui uji validasi oleh ahli materi dan ahli pengembangan bahan ajar, uji kepraktisan melalui penilaian oleh praktisi lapangan dan mahasiswa serta uji keefektifan melalui implementasi buku suplemen berbantuan augmented reality. Hasil penelitian tahap pertama menunjukkan kualitas DNA hasil isolasi dari uji kuatifikasi menunjukkan bahwa nilai kemurnian DNA berada pada kisaran antara 1,59-1,83. DNA hasil isolasi yang memiliki nilai kemurnian di bawah 1,80 diindikasi telah terkontaminasi phenol yang digunakan saat proses isolasi. Hasil lain yaitu dari uji kualitas menggunakan elektroforesis gel agarose 1,5% menunjukkan seluruh sampel hasil PCR menampakkan pita (band) yang tidak memiliki bayangan (smear). Kondisi tersebut menunjukkan kulitas DNA hasil PCR adalah baik dan primer telah menempel secara spesifik pada gen SRY sebagai gen target. Pensejajaran posisi pita dengan marker menunjukkkan bahwa panjang DNA target yaitu 600-700 basepare. Hasil BLAST memastikan bahwa DNA yang diperoleh betul merupakan DNA target (gen SRY). Hasil tersebut kemudian dianalisis menggunakan pendekatan bioinformatika untuk mengetahui fungsi ekspresi dari gen SRY yang diperoleh. Prediksi ekspresi dari gen SRY yang diperoleh yaitu polipeptida AP-1 Complex yang berperan sebagai faktor transkripsi atau protein aktivator. Hasil penelitian tahap dua yaitu diperoleh nilai sebesar 100% dengan kategori sangat valid oleh ahli materi. Ahli pengembangan bahan ajar memberikan rerata nilai 97,45% dengan kategori sangat valid. Praktisi lapangan memberikan penilaian dengan rerata nilai persentase 94,75% sedangkan mahasiswa memberikan penilaian dengan nilai rerata 88,60%. Setelah penilaian dilakukan oleh validator, praktisi lapangan dan mahasiswa, dilanjutkan dengan implementasi buku suplemen berbantuan augmented reality pada topik determinasi kelamin. Hasil implementasi diperoleh nilai rerata pretest sebesar 49 dan posttest sebesar 88,60. Perolehan nilai posttest lebih besar dibanding nilai prstest dan dilakukan uji t serta perhitungan gain score. Hasil uji t diperoleh nilai signifikasi 0,000 yang lebih kecil dari 0,005. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan terdapat pengaruh buku suplemen terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil perhitungan gain score yang diperoleh yaitu 0,78 dengan kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan buku suplemen yang dihasilkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112743

Actions (login required)

View Item View Item