Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir analitis pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang mata pelajaran biologi / Desy Putri Rahmawati

Desy Putri (2020) Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir analitis pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang mata pelajaran biologi / Desy Putri Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE DENGAN KEMAMPUAN AKAD EMIK BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BER PIKIR ANALITIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI MALANG MATA PELAJARAN BIOLOGIDesy Putri Rahmawati, S2 Pendidikan BiologiRINGKASANRahmawati, PutriDesy. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE denganKemampuanAkademikBerbedaTerhadapKeterampilanBerpikirKritisdanBerpikirAnalitisPadaSiswaKelas X SMA Negeridi Malang Mata PelajaranBiologi. Tesis, Program StudiPendidikanBiologi, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.Pembimbing: (1) Prof. Dr.SusriyatiMahanal, M.Pd. (II) Dr.Umie Lestari, M.Si. Kata Kunci: keterampilanberpikirkritis, keterampilanberpikiranalitis, RICOSRE, kemampuanakademik. Salah satu proses berpikirtingkattinggi yang perludiberdayakanpadaabad 21 yaituketerampilanberpikirkritissertaketerampilanberpikiranalitis. Faktanyaketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitissiswa di Indonesia masihtergolongrendah.Permasalahaninidapatdisebabkankarenapenggunaan model pembelajaran yang kurangsesuai.O lehkarenaitu, dibutuhkan model pembelajaran yang mampumemberdayakanketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitis.Tujuanpenelitianiniadalah 1) mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitis yang difasilitasi model pembelajaran RICOSRE, inkuiriterbimbing, danpembelajarankonvensional, 2) mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitispadasiswadengankemampuanakademikberbeda, dan 3) mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitispadainteraksiantara model pembelajarandengankemampuanakademikberbeda.Penelitianinimerupakanquasi eksperimendenganmenggunakankelaskontrolpositif, negatif, daneksperimen.Desainpenelitian yang digunakanyaitupretest-posttestnonequivalent control group design.Instrumenpenilaianketerampilanberpikirkritismenggunakaninstrumen yang dikembangkanolehZubaidahdkk., (2015) yang merupakanmodifikasidariFinken& Ennis (1993), sedangkaninstrumenpenilaianketerampilanberpikiranalitismenurutUniversitas Wisconsin (2018). Pengumpulansampeldenganteknikrandom sampling.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakantesesaipada K D 3.5 & 4.5 dan 3.6 & 4.6.HasilpenelitiandiujimenggunakanstatistikAnacova.Hasilpenelitianiniadalah 1) RICOSRE berpengaruhterhadapketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitissiswakelas X SMA Negeri di Malang, 2) kemampuanakademikberpengaruhterhadapketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitissiswakelas X SMA Negeri di Malang, dan 3) interaksi model pembelajaran RICOSRE dankemampuanakademikberpengaruhterhadapketerampilanberpikirkritisdanberpikiranalitissiswakelas X SMA Negeri di Malang. Berdasarkanhasilpenelitian, makadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangpengaruh model pembelajaran RICOSRE danperbedaankemampuanakademikterhadapvariabelterikat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112742

Actions (login required)

View Item View Item