Pengembangan modul mikrobiologi berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian bakteri endofit dari ciplukan (Physalis angulata L) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains mahasiswa / Mushoffa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mikrobiologi berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian bakteri endofit dari ciplukan (Physalis angulata L) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains mahasiswa / Mushoffa

UNSPECIFIED (2019) Pengembangan modul mikrobiologi berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian bakteri endofit dari ciplukan (Physalis angulata L) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains mahasiswa / Mushoffa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mushoffa. 2019. Pengembangan Modul Mikrobiologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Berdasarkan Hasil Penelitian Bakteri Endofit dari Physalis Angulata L untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd (II) Dra. Dwi Listyorini M.Si D.Sc Kata Kunci Modul Mikrobiologi Inkuiri Terbimbing Bakteri Endofit Hasil Belajar Kognitif Keterampilan Proses Sains. Modul merupakan bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat digunakan belajar secara mandiri karena dilengkapi petunjuk belajar sendiri uraian materi dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk memudahkan peserta didik dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Modul yang dikembangkan dapat memuat model pembelajaran dan pembelajaran konstektual berdasarkan hasil penelitian dan kegiatan praktikum sehingga memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep secara mendalam dan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains adalah keterampilan fisik dan mental terkait dengan kemampuan dasar yang dimiliki dikuasai dan diaplikasikan pada kegiatan ilmiah untuk menemukan suatu yang baru. Pembelajaran konstektual yang berkaitan dengan peran mikroba dalam kehidupan sehari-hari diharapkan dapat menarik minat mahasiswa dalam mempelajari dan melakukan kegiatan isolasi dan identifikasi bakteri endofit. Bakteri endofit adalah mikroba yang hidup dalam jaringan tanaman inang tanpa menyebabkan gangguan atau kerusakan pada tanaman inangnya. Bakteri endofit dapat menghasilkan metabolit sekunder yang dapat digunakan sebagai senyawa antibiotik antitumor antinflamasi antioksidan dan hormon pertumbuhan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu modul berbasis hasil penelitian bakteri endofit dari ciplukan (Physalis angulata) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Pengaruh modul diuji melalui implementasi yang dilakukan pada mahasiswa jurusan pendidikan biologi IKIP Budi Utomo Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi angket keterbacaan dan instrumen penilaian keterampilan proses sains. Hasil validasi dari ahli materi modul mikrobiologi berbasis hasil penelitian sebesar 97 32% dengan kategori sangat valid yang memiliki arti dari segi isi materi penyajian bahasa modul layak digunakan untuk dimplementasi di lapangan. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 94 12% dengan kategori sangat valid yang memiliki arti tata letak kegrafisan perpaduan warna bahasa penyajian modul dan ketepatan pada modul layak digunakan untuk penerapan (impelement) di lapangan. Hasil validasi oleh praktisi lapangan diperoleh sebesar 86 66% dengan kategori sangat valid dan hasil uji keterbacaan oleh mahasiswa responden sebesar 89 77% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data hasil belajar kognitif menunjukkan rerata kelas kontrol 54 dan rerata kelas eksperimen 81 52 sehingga selisih antara kelas ekperimen dan kelas kontrol sebesar 27. Hasil analisis N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0 68 termasuk kategori sedang dalam meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa sedangkan skor rerata N-gain kelas kontrol sebesar 0 29 termasuk kategori rendah. Hasil analisis hasil belajar kognitif menggunakan uji-t tak berpasangan menunjukkan signifikansi p(0 000) 945 (0 005) hipotesisnya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif kelas ekperimen yang menggunakan modul mikrobiologi berbasis hasil penelitian dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan modul mikrobiologi berbasis hasil penelitian. Hasil analisis data keterampilan proses sains berdasarkan Uji t tidak berpasangan terdapat perbedaan yang signifikan pada semua aspek pada keterampilan proses antara kelas ekperimen yang menggunakan modul berbasis hasil penelitian dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan modul. Hasil skor rerata aspek keterampilan proses sains pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112741

Actions (login required)

View Item View Item