UNSPECIFIED (2019) Pengembangan modul mikrobiologi identifikasi fungi endofit pada cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif / Usratussyarifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Usratussyarifah. 2019. Pengembangan Modul Mikrobiologi Identifikasi Fungi Endofit pada Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.Dra Utami Sri Hastuti M.Pd (2) Dra. Dwi Listyorini M. Si D. Sc. Kata Kunci modul identifikasi fungi endofit cabe jawa keterampilan proses sains hasil belajar kognitif Pendidikan abad ke-21 bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dengan kedudukan yang setara dengan bangsa lain dalam dunia global untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Salah satu jenjang pendidikan yang dapat mewujudkan tujuan pendidikan abad ke-21 yaitu pendidikan tinggi salah satunya pada matakuliah Mikrobiologi. Keterampilan proses sains merupakan salah satu keterampilan yang harus dicapai di abad ke-21 dengan didukung bahan ajar untuk keberhasilan belajar mahasiswa. Hasil observasi pada tiga perguruan tinggi yaitu di Universitas Brawijaya UIN Maulana Malik Ibrahim dan Universitas Muhammadiyah Malang menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa perlu ditingkatkan melalui pembelajaran dan bahan ajar yang tepat sehingga perlu dikembangkan bahan ajar untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul kajian fungi endofit pada cabe Jawa yang valid praktis dan berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (development research). Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE yang meliputi 4 tahap yaitu menganalisis (analyze) merancang (design) mengembangkan (develop) menerapkan (implement) dan menilai (evaluate). Sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang yang terdiri atas 27 mahasiswa pada kelompok kontrol dan 27 mahasiswa pada kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi lembar uji keterbacaan dan instrumen penilaian keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat validitas dengan persentase 97 8% dari ahli media pembelajaran 97 8% dari ahli materi dan 90 86 % dari uji keterbacaan modul. Modul mikrobiologi kajian fungi endofit valid dan praktis. Nilai P keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif diperoleh (0 000) 0 05 yang berarti terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sehingga modul efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/112740 |
Actions (login required)
View Item |