Pengembangan bahanb ajar qira'ah bahasa Arab untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama / Athfi Lailia Agustina

Agustina, Athfi Lailia (2013) Pengembangan bahanb ajar qira'ah bahasa Arab untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama / Athfi Lailia Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustina, Athfi Lailia. 2013. Pengembangan Bahan ajar QiraÔÇÖah Bahasa Arab untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd., (2) Mohammad Ahsanuddin, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Media pembelajaran, QiraÔÇÖah, buku teks Mempelajari keterampilan berbahasa, diperlukan berbagai macam alat pendukung atau media untuk meningkatkan semangat belajar siswa serta menunjang pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan dalam keterampilan berbahasa tersebut. Salah satu media yang bisa dengan mudah dipahami siwa dan mudah dikembangkan adalah buku. Buku ajar dalam hal ini memiliki peranan penting karena buku menjadi pedoman atau acuan siswa dalam mempelajari suatu pelajaran. Buku ajar menampilkan berbagai materi yang diperlukan siswa sehingga siswa memperoleh pemahaman tentang pelajaran yang mereka pelajari. Oleh karenanya buku teks harus memenuhi kebutuhan para siswa dari segi kualitas maupun kuantitas agar bisa digunakan oleh siswa. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan penelitian tentang buku ajar, sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengembangkan bahan ajar qiraÔÇÖah, berupa buku teks dengan karakteristik yang sesuai dengan materi di Sekolah Menengah Pertama, (b) menilai kelayakan bahan ajar qiraÔÇÖah yang dikembangkan. Pengembangan media buku teks ini melalui beberapa tahapan yaitu (1) menentukan kebutuhan dan tujuan, (2) mengumpulkan bahan acuan, (3) mengembangkan buku teks, (4) mendesain buku, (5) uji ahli materi dan media, (6) melakukan evaluasi dan revisi, (7) uji kelompok kecil, (8) revisi, (9) uji lapangan, (10) penyempurnaan produk akhir. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar qiraÔÇÖah dalam bentuk buku teks berbahasa Arab untuk kelas VIII SMP As-Shodiq. Buku ini memuat materi dan tema-tema yang sesuai dengan kurikulum dan standar kompetensi membaca siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan hasil uji materi, ahli media dan uji lapangan, produk buku ini memudahkan siswa dalam belajar bahasa Arab baik dalam menjawab pertanyaan maupun menangkap materi yang diberikan oleh guru. Siswa juga lebih tertarijk belajar bahasa Arab dengan menggunakan buku teks ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat merancang dan memproduksi buku dalam kemahiran lain seperti menyimak, berbicara dan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11274

Actions (login required)

View Item View Item