Pengembangan modul sistem pencernaan berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian pengaruh pemberian ekstrak ubi jalar ungu terhadap kadar MDA tikus DMT2 / Arwinda Probowati

Arwinda (2019) Pengembangan modul sistem pencernaan berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian pengaruh pemberian ekstrak ubi jalar ungu terhadap kadar MDA tikus DMT2 / Arwinda Probowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Probowati, A. 2019. Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Berbasis Inkuiri Terbimbing Berdasarkan Hasil Penelitian Pengaruh Pemberian Ekstrak Ubi Jalar Ungu Terhadap Kadar MDA Tikus DMT2. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Abdul Gofur, M.Si (II) Dr. Betty Lukiati, M.S Kata Kunci: modul, inkuiri terbimbing, MDA, DMT2. Matakuliah fisiologi hewan dan mansuia merupakan salah satu matakuliah wajib Program Studi Sarjana Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Malang, melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami materi, dan juga diharapkan dapat mengaitkan antara materi dan penggalian bukti kehidupan nyata serta mampu dalam mengembangkan proses pembelajaran yaitu mengobservasi, mengukur, bereksperimen dan mengolah data, selain itu mahasiswa juga dituntut untuk memenuhi capaian pembelajaran matakuliah (CPMK) pada fisiologi hewan dan manusia. Mahasiswa membutuhkan alternatif bahan ajar yang memuat contoh kontekstual dan dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan proses dan pelaksanaan pembelajaran, serta memenuhi CPMK. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkansuatu bahan ajar yaitu berupa modul sistem pencernaan berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian pengaruh pemberian ekstrak ubi jalar ungu terhadap kadar MDA tikus DMT2 yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadaptasi model ADDIE yang terdiri atas tahapan Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate, namun pada penelitian dan pengembangan ini tidak sampai pada tahap Implement. Jenis data pada penelitian meliputi data kuantitatif (skor validasi oleh validator, dan skor uji kepraktisan, dan data kualitatif (komentar dan saran dari validator dan mahasiswa). Data skor validasi dan uji kepraktisan bahan ajar dianalisis dengan teknik analisis presentase. Hasil validasi modul oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi lapangan diperoleh skor sebesar 98% oleh ahli media dengan kriteria sangat valid, 96% oleh ahli materi dengan kriteria sangat valid, dan 97% oleh praktisi lapangan dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan modul oleh mahasiswa sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Simpulan dalam penelitian ini yaitu bahan ajar modul sistem pencernaan berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian pengaruh pemberian ekstrak ubi jalar ungu terhadap kadar MDA tikus DMT2 valid, dan praktis untuk digunakan mahasiswa dalam pembelajaran. Saran yang dapat diajukan yakni penelitian sebaiknya diterapkan sampai tahap uji implement untuk menguji keefektifan produk yang dikembangkan, dan juga dapat ditambahkan dengan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112739

Actions (login required)

View Item View Item