Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah pada siswa kelas X SMA Negeri di Kota Malang / Aprilyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah pada siswa kelas X SMA Negeri di Kota Malang / Aprilyani

UNSPECIFIED (2020) Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah pada siswa kelas X SMA Negeri di Kota Malang / Aprilyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aprilyani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE dengan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Malang Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Dr. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci Keterampilan Pengambilan Keputtusan Keterampilan Argumenttasi Ilmiah RICOSRE Kemampuan Akademik. Pendidikan Abad-21 merupakan wadah pengembangan keterampilan berpikir tinngkat tinggi. Keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah dua diantara keterampilan yang lain perlu diberdayakan dalam pembelajaran biologi. Faktanya keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA Negeri di Kota Malang masih rendah. Permasalahan ini disebabkan oleh perbedaan kemampuan akademik siswa. Solusi untuk memecahkan permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran RICOSRE. Tujuan penelittian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah tentang bakteri dan protista. Metode penelitian yaitu kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posstest non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Kota Malang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kota Malang dan SMAN 7 Kota Malang yang ditentukan melalui uji kesetaraan.Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes esai pada Kompetensi Dasar 3.5 4.5 dan 3.6 4.6. Uji prasyarat berupa uji homogenitas varian dan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikasi 0 5% yang dilanjutkan dengan uji beda BNT. Hasil penelitian memperlihatkan 1) RICOSRE berpengaruh terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X di SMA Negeri di Kota Malang 2) kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X di SMA Negeri di Kota Malang 3) interaksi model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X di SMA Negeri di Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan perbedaan kemampuan akademik terhadap variabel terikat lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112736

Actions (login required)

View Item View Item