Pengaruh model Science Project Based Learning (SPjBL) berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan argumentasi, penalaran ilmiah, dan pemecahan masalah mahasiswa S1 biologi Universitas Negeri Malang / Nurul Fajryani Usman

Nurul Fajryani (2020) Pengaruh model Science Project Based Learning (SPjBL) berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan argumentasi, penalaran ilmiah, dan pemecahan masalah mahasiswa S1 biologi Universitas Negeri Malang / Nurul Fajryani Usman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Usman, Nurul Fajryani. 2019. Pengaruh Model Science Project Based Learning (SPjBL) Berbasis Sumber Daya Lokal terhadap Kemampuan Argumentasi, Penalaran Ilmiah dan Pemecahan Masalah Mahasiswa S1 Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Endah Indriwati, M.Pd., (II) Dr. Betty Lukiati, M.S. Kata Kunci: Model Science Project Based Learning (SPjBL), argumentasi, penalaran ilmiah, pemecahan masalah. Pengembangan pembelajaran di Perguruan Tinggi diarahkan untuk menciptakan sumber daya lulusan yang berkompeten di masyarakat era pengetahuan dan revolusi industri 4.0. Hal ini sejalan dengan peraturan Permenristekdikti yang dituangkan dalam kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI). Pengembangan lulusan berdasarkan tingkat kualifikasi mahasiswa akan mendukung kemampuan abad ke 21. Salah satu yang menjadi fokus penelitian yakni kemampuan argumentasi, penalaran ilmiah, dan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model SPjBL berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan argumentasi, penalaran ilmiah, dan pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan desain pretest posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 54 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan II semester gasal tahun ajaran 2019/2020 di Universitas Negeri Malang. Data hasil implementasi dianalisis dengan menggunakan uji analisis kovarian (Anakova) satu jalur. Instrumen yang digunakan adalah tes esai argumentasi, penalaran ilmiah, dan pemecahan masalah yang telah divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model SPjBL berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan argumentasi yaitu nilai p value 0,00 < 0,05. Terdapat pengaruh model SPjBL berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan penalaran ilmiah mahasiswa jurusan Biologi. Hal ini berdasarkan hasil uji Anakova menunjukkan nilai p value 0,011 < 0,05. Terdapat pengaruh model SPjBL berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, hal ini sesuai hasil uji Anakova yang menunjukkan nilai p value 0,017 < 0,05. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu 1) kriteria materi yang dapat diperoyekkan merupakan materi yang bersifat kompleks, 2) perlu melatih dan menilai kemampuan argumentasi lisan pada mahasiswa, bukan hanya argumentasi tertulis yang dinilai dalam proses pembelajaran, 3) kemampuan pemecahan masalah tidak hanya dilatihkan dengan menggunakan soal saja, tetapi juga membawa mahasiswa ke lingkungan dan melihat langsung permalasahan yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112735

Actions (login required)

View Item View Item