Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal hutan mangrove pantai Duta Paiton untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 2 Paiton / Endah Sulistyowati

Endah (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal hutan mangrove pantai Duta Paiton untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 2 Paiton / Endah Sulistyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sulistyowati, E. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove Pantai Duta Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 2 Paiton. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Fatchur Rohman, M.Si., (2) Dr. Ibrohim, M.Si. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, potensi lokal, keterampilan berpikir kritis, sikap peduli lingkungan Pembelajaran seharusnya berlangsung secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan. Belajar akan jauh bermakna jika siswa mengalami sendiri apa yang dipelajari dan bukan hanya mengetahui dari guru ataupun buku. Pembelajaran yang hanya berorientasi pada penguasaan materi terbukti hanya mampu mengendap dalam pikiran siswa dalam jangka pendek. Pembelajaran dimana siswa berperan aktif seperti dalam pembelajaran inkuiri terbimbing akan mendorong siswa untuk lebih memahami materi yang dipelajari. Apalagi adanya tuntutan abad 21 dimana siswa dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan harapan siswa mampu bertahan hidup dalam tekanan abad 21. Keterampilan berpikir kritis dapat diasah dan ditingkatkan dengan cara memberikan perlakuan yang benar kepada siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah menggunakan model pembelajaran yang membantu siswa meningkatkan keterampilannya dalam berpikir kritis. Pemilihan sumber belajar yang tepat juga akan mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis. Sumber belajar yang menggunakan potensi lokal yang ada di sekitar lingkungan siswa akan memberikan banyak dampak positif bagi siswa. Selain siswa lebih mudah untuk memahami materi karena contoh yang digunakan adalah nyata ada di lingkungan mereka, pemilihan potensi lokal daerah juga akan meningkatkan sikap peduli lingkungan pada diri siswa. Mempelajari lingkungan sekitar akan mendorong siswa untuk bersikap lebih perduli terhadap lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal hutan mangrove Pantai Duta Paiton yang terdiri dari silabus, RPP, handout, LKS, serta instrumen penilaian yang valid dan praktis; 2) menguji keefektifan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian mengikuti tahapan Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Perangkat pembelajaran diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Uji validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh validator ahli pendidikan, validator ahli materi, dan praktisi lapangan. Hasil validasi oleh validator digunakan untuk menilai valid tidaknya perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Uji kepraktisan dilakukan dengan uji keterbacaan yang di uji cobakan kepada kelompok kecil yaitu 10 siswa yang pernah mendapatkan materi ekosistem dan pencemaran lingkungan. Uji keefektifan dilakukan dengan memberikan siswa soal essay keterampilan berpikir kritis mengenai materi ekosistem dan pencemaran lingkungan, serta pemberian angket sikap peduli lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal hutan mangrove Pantai Duta Paiton yang dikembangkan valid dan praktis untuk diterapkan. Nilai validasi perangkat antara lain 98,3% untuk silabus, 97,8% untuk RPP, 94,3% untuk handout, 96,4% untuk LKS, dan 97,4% untuk soal keterampilan berpikir kritis. Nilai kepraktisan 100% untuk handout dan 99,6% untuk LKS. 2) perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan sikap peduli lingkungan, dengan rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen (32,6) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (26), begitu pula nilai rerata terkoreksi sikap peduli lingkungan kelas eksperimen (91,8) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (79,7). Saran untuk penelitian selanjutnya: 1) implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing memerlukan pengaturan waktu seefektif mungkin agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan harapan; 2) pengembangan perangkat pembelajaran berbasis potensi lokal dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran lain sesuai kompetensi dasar yang hendak dicapai; 3) pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing dapat menggunakan potensi lokal lain yang ada di lingkungan siswa, selain mempermudah siswa memahami materi yang dipelajari juga menambah wawasan siswa akan potensi lokal yang ada di daerahnya; 4) pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing dapat diterapkan pada materi selain ekosistem dan pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112734

Actions (login required)

View Item View Item