Efektivitas ricosre dalam meningkatkan literasi informasi dan literasi sains siswa SMAN 1 Batu materi bakteri dan protista / Kuni Mawaddah

Kuni (2020) Efektivitas ricosre dalam meningkatkan literasi informasi dan literasi sains siswa SMAN 1 Batu materi bakteri dan protista / Kuni Mawaddah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mawaddah, Kuni. 2019. Efektivitas RICOSRE dalam Meningkatkan Literasi Informasi dan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Batu Materi Bakteri dan Protista. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Susriyati Mahanal, M. Pd., (II) Prof. Dr. Abdul Gofur, M. Si. Kata Kunci: Bakteri, Inkuiri Terbimbing, Literasi Informasi, Literasi Sains, Protista, RICOSRE Abad 21 dikenal sebagai information age memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti literasi informasi dan literasi sains. Literasi informasi dan literasi sains perlu diberdayakan dalam pembelajaran biologi. Faktanya literasi informasi dan literasi sains siswa SMA Negeri di Batu perlu ditingkatkan. Permasalahan ini disebabkan terbatasnya strategi pembelajaran yang memberdayakan literasi informasi dan literasi sains sebagai luaran pembelajaran. Solusi terhadap permasalahan ini adalah menerapkan model pembelajaran RICOSRE dan inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian berupa (1) untuk mengetahui efektivitas RICOSRE dalam meningkatkan literasi sains dan literasi informasi dibandingkan dengan inkuiri terbimbing dan (2) kualitas literasi sains dan literasi informasi yang dibelajarkan dengan RICOSRE dan inkuiri terbimbing. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah mix-methods design with concurrent embedded model. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan eksperimen semu tipe pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Batu pada tahun pembelajaran 2018/2019. Penentuan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan terpilih kelas X MIPA 6sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran RICOSRE dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran inkuiri terbimbing. Literasi informasi diukur dengan menggunakan observasi, wawancara semi terstuktur, dan rubrik literasi informasi sesuai ACRL (2010). Literasi sains diukur dengan pretest dan posttest sesuai indikator literasi sains yang diadaptasi dari Gormally, Brickman, & Lutz (2012) dan OECD (2016), wawancara semi terstruktur dan rubrik literasi sains. Analisis data kuantitatif terdiri dari dua tahap yaitu uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), uji hipotesis (analisis kovarian satu jalur) dilanjutkan dengan effect size. Analisis data kualitatif secara deskriptif untuk menggambarkan pola kualitas literasi informasi dan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan RICOSRE efektif dalam meningkatkan literasi informasi dan literasi sains siswa. Hal ini terlihat dari RICOSRE meningkatkan literasi sains sebesar 116% lebih tinggi dibandingkan inkuiri terbimbing sebesar 112,34% dan RICOSRE mampu meningkatkan literasi informasi sebesar 109,58 lebih besar dibandingkan inkuiri terbimbing sebesar 94,86%. Selain itu, melalui uji effect size menunjukkan pengaruh yang diberikan model pembelajaran RICOSRE terhadap peningkatan literasi sains dan literasi informasi adalah besar. Kualitas literasi sains dan literasi informasi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan inkuiri terbimbing. Kualitas literasi informasi dan literasi sains yang dibelajarkan dengan RICOSRE memiliki pola peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112732

Actions (login required)

View Item View Item