Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Kota Malang / Imam Taqyudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Kota Malang / Imam Taqyudin

Taqyudin, Imam (2013) Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Kota Malang / Imam Taqyudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taqyudin Imam. 2013. Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Kota Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Kholisin M.Hum. (2) Ali Ma sum S.Pd. M.A. Kata kunci pembelajaran bahasa Arab madrasah diniyah Penelitian deskriptif ini dilatarbelakangi belum tersedianya informasi riil mengenai pembelajaran bahasa Arab di madrasah-madrasah diniyah Kota Malang. Potensi madrasah diniyah di kota Malang sangat besar namun pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan belum memiliki tujuan yang jelas. Peluang lulusan madrasah diniyah yang memiliki kompetensi bahasa Arab yang baik sangat terbuka dalam memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tantangan yang dihadapi madrasah diniyah berkenaan dengan kebutuhan pengetahuan agama Islam yang berbasis bahasa Arab sangat berat di masa mendatang . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tujuan perencanaan pelaksanaan evaluasi dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan dokumen penelitian dari informan dan pihak terkait. Hasil penelitian ini memaparkan beberapa hal yaitu 1) tujuan pembelajaran yang dikemukakan sebagian besar pengelola madrasah diniyah bersifat umum dan disesuaikan dengan target yang ingin dicapai oleh masing-masing madrasah 2) perencanaan pembelajaran yang dilakukan sangat beragam dan sesuai dengan kemampuan masing-masing pengajar bahasa Arab 3) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan meliputi buku teks yang digunakan adalah Madarij Al-duruus Al- arabiyah dan Al-lughah Al- arabiyah li talaamiidzi Al-daaris Al-ibtidaiyyah metode pembelajaran yang sering digunakan adalah audio-lingual gramatika terjemah dan membaca media pembelajaran yang digunakan adalah media audio visual gambar dan peraga sederhana dan pengelolaan kelas yang diterapkan adalah pengelolaan kelas yang bersifat tradisional dan pengelolaan kelas yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan 4) evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan adalah tes tulis yang dilaksanakan pada akhir semester dan penilaian praktik pada pertemuan-pertemuan tertentu dan 5) faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab adalah tersedianya buku teks dan semangat para pengajar yang konsisten sedangkan faktor penghambat yang dihadapi oleh pengelola madrasah diniyah adalah kurangnya variasi metode pembelajaran pengajar bahasa Arab. Guna mengatasi hambatan itu pengurus berupaya mengembangkan kemampuan guru dalam penguasaan metode. Saran bagi pengelola madrasah diniyah hendaknya mengikutsertakan para pengajar bahasa Arab dalam pelatihan dan pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab sedangkan bagi para ustadz hendaknya mulai mencoba menyusun silabus RPP promes dan prota sesuai dengan kurikulum dan standart kompetensi bahasa Arab yang diterbitkan oleh Kementrian Agama dan meningkatan kualitas mengajar dengan mengembangkan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item