Pengembangan buku ajar ekologi flora savana Bekol Taman Nasional Baluran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli konservasi pada mahasiswa / Nizar Azizatun Nikmah

Nizar Azizatun (2019) Pengembangan buku ajar ekologi flora savana Bekol Taman Nasional Baluran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli konservasi pada mahasiswa / Nizar Azizatun Nikmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nikmah, Nizar Azizatun. 2019. Pengembangan Buku Ajar Ekologi Flora Savana Bekol Taman Nasional Baluran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Konservasi pada Mahasiswa. Pembimbing: 1) Dr. Fatchur Rohman, M.Si., 2) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si. Kata Kunci: Buku Ajar, Ekologi, Komunitas Flora, Savana, Taman Nasional Baluran, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Peduli Konservasi. Buku ajar merupakan salah satu pendukung tercapainya kompetensi mahasiswa dalam suatu matakuliah. Buku ajar yang akan dikembangkan mengaplikasikan sintaks dari PBL dengan menyertakan berbagai permasalahan terkait dengan fenomana ekologi di Savana Bekol Baluran, konten buku ajar yang dikembangkan yaitu menyuguhkan hasil penelitian mengenai fenomena riil interaksi flora dengan lingkungan sekitarnya, yang diangkat dari sebuah penelitian suatu kawasan konservasi, sebagaimana di setiap pemecahannya menggunakan kemampuan berpikir kritis. Ekologi merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa biologi. Capaian pembelajarannya ialah mahasiswa tidak hanya mampu mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang konsep ekologi, namun mampu mengimplementasikan pada permasalahan yang terjadi pada lingkungannya menggunakan pendekatan ekologi. Salah satu contoh bentuk pengimplementasinya ialah melakukan konservasi. Pengembangan buku ajar berbasis problem based learning ini, mengacu pada model pengembangan ADDIE, pengembangan yang sederhana dan terstruktur dengan sistematis, sehingga model desain ini mudah untuk diaplikasikan. Terdiri dari 5 tahapan, yaitu dimulai dari tahap analyze, design, develope, implement, dan evaluate. Buku ajar berbasis problem based learning yang dikembangkan akan diukur validitas oleh ahli materi menggunakan instrumen validitas, dan keterbacaannya oleh mahasiswa dengan menggunakan instrumen keterbacaan. Hasil validasi dari ketiga ahli menunjukkan hasil sangat positif, dari ahli materi memperoleh skor sebesar 98,33 (sangat valid); perolehan skor validasi dari praktisi lapangan sebesar 100 (sangat valid); dan dari validator ahli media sebesar 98,75 (sangat valid). Berdasarkan hasil tersebut, kesimpulannya bahwa buku ajar ekologi berbasis Problem Based Learning ini sangat layak dan dapat digunakan dalam KBM ekologi pada jenjang perguruan tinggi. Hasil gain score menunjukkan adanya kenaikan skor dari pretest ke posttest berpikir kritis, sebesar 0,58, tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan pada aspek sikap konservasi terjadi pergeseran rerata nilai sebesar 10,61. Kenaikan skor sebesar 0,35 termasuk pada kategori sedang. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan berpikir kritis dan sikap peduli konservasi mahasiswa setelah pembelajaran menggunakan buku ajar savana bekol Taman Nasional Baluran berbasis problem based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112727

Actions (login required)

View Item View Item