Pengembangan modul pewarisan sifat berbasis problem based learning berdasarkan karakteristik heterosis F1 kedelai hasil persilangan varietas Argomulyo dan galur tahan CpMMV / Adelima Dyah Kartika

Adelima Dyah (2019) Pengembangan modul pewarisan sifat berbasis problem based learning berdasarkan karakteristik heterosis F1 kedelai hasil persilangan varietas Argomulyo dan galur tahan CpMMV / Adelima Dyah Kartika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kartika, Adelima Dyah. 2019. Pengembangan Modul Pewarisan Sifat Berbasis Problem Based Learning Berdasarkan Karakteristik Heterosis F1 Kedelai Hasil Persilangan Varietas Argomulyo dan Galur Tahan CpMMV. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M. Pd., (2) Dr. Heru Kuswantoro, M. P. Kata Kunci: Modul, Problem- based learning, Heterosis, Kedelai Kegiatan pembelajaran pada materi Pewarisan Sifat guru dan siswa belum menerapkan aktivitas belajar menggunakan bahan ajar yang berdasarkan hasil penelitian agar relevan dengan materi dan bersifat kontekstual. Guru harus menyajikan pembelajaran yang konteksual dan melibatkan siswa mencari serta memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dengan menyediakan modul berbasis problem based learning berdasarkan karakteristik heterosis pada morfologi, anatomi, dan agronomi bertujuan melatih keterampilan ilmiah siswa. Sebelum heterosis terdapat beberapa parameter genetik yang dapat digunakan untuk merakit varietas unggul, diantaranya besaran nilai keragaman genetik, heritabilitas, pola segregasi, jumlah gen dan aksi gen, namun beberapa parameter tersebut tidak melihat hasil anakan F1 yang memiliki karakter unggul dibanding tetuanya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE sebagai pedoman dalam mengembangkan modul berbasis problem- based learning berdasarkan hasil penelitian karakteristik heterosis morfologi, anatomi, dan agronomi kedelai. Penelitian karakteristik heterosis menggunakan rancangan acak kelompok dengan 3 ulangan pada varietas Argomulyo dan galur tahan CpMMV. Hasil uji kevalidan modul memperoleh kriteria sangat valid dengan persentase 89,13% dari ahli materi, 96,78% dari ahli bahan ajar, dan praktisi lapangan dengan persentase 88,02%. Hasil uji kepraktisan modul dikategorikan sangat praktis dengan persentase 86,81%. Pada penelitian karakteristik heterosis terdapat gejala heterosis pada hasil persilangan Argomulyo dan galur tahan CpMMV. Berdasarkan hasil perhitungan dari karakter morfologi, anatomi, dan agronomi beberapa hibrida persilangan memiliki nilai duga heterosis. Kesimpulan dari penelitian adalah modul pewarisan sifat berbasis problem- based learning berdasarkan hasil penelitian karakteristik heterosis morfologi, anatomi, dan agronomi kedelai dinyatakan sangat valid dan praktis. Hasil perhitungan dari karakteristik heterosis pada morfologi, anatomi, dan agronomi terjadi pada beberapa hibrida persilangan yang memiliki nilai duga heterosis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112724

Actions (login required)

View Item View Item