Pengaruh model pembelajaran problem based learning disertai buku ajar berbasis penelitian kanker payudara terhadap pemahaman konsep pembelahan sel dan keterampilan argumentasi / Riska Muliyana

Riska (2019) Pengaruh model pembelajaran problem based learning disertai buku ajar berbasis penelitian kanker payudara terhadap pemahaman konsep pembelahan sel dan keterampilan argumentasi / Riska Muliyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Muliyana, Riska. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Buku Ajar Berbasis Penelitian Kanker Payudara Terhadap Pemahaman Konsep Pembelahan Sel dan Keterampilan Argumentasi. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd, (II) Dra. Dwi Listyorini, M.Si, D.Sc. Kata Kunci: buku ajar, kanker payudara, PBL, pemahaman konsep, keterampilan argumentasi Pembelajaran berdasarkan hasil penelitian merupakan sarana yang menjembatani antara penelitian eksperimental laboratorium dengan praktik pendidikan, dengan harapan dapat membantu mahasiswa memahami kajian teoritik serta pengaplikasiannya melalui bahan ajar. Fakta di lapangan bahan ajar dalam pembelajaran dibangku kuliah selama ini tidak menghubungkan kehidupan sehari-hari dengan informasi yang diingatnya, serta tidak diberdayakan untuk melakukan argumentasi ilmiah, sehingga pemahaman konsep rendah. Solusi untuk mengatasi hal tersebut melalui pengintegrasian model pembelajaran dengan suatu masalah autentik dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mengoptimalkan pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi melalui bahan ajar. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah PBL, sehingga perlu dilakukan pengembangan buku ajar yang dirancang menggunakan langkah model pembelajaran PBL yang mampu memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi agar lebih optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PBL disertai buku ajar berbasis penelitian profil genetik kanker payudara terhadap pemahaman konsep pembelahan sel dan keterampilan argumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy eksperiment, menggunakan buku ajar yang sebelumnya dikembangkan dengan mengacu pada model ADDIE. Sebelum implement dilakukan uji coba produk melalui tiga tahap, (1) uji ahli materi, media dan desain pembelajaran, serta praktisi lapangan; (2) uji coba kelompok kecil pada mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah; dan (3) uji lapangan melalui implementasi buku ajar pada real teaching sebagai penelitian eksperimen. Uji coba perorangan dan kelompok kecil untuk megetahui kevalidan, kelayakan, dan tanggapan berupa saran untuk revisi buku ajar sementara uji coba lapangan untuk mengetahui keefektifan buku ajar melalui implementasi dengan nonrandomized control group pretest-postest design. Subyek penelitian ini merupakan mahasiswa semester dua yang sedang menempuh matakuliah biologi sel di IAIN Kudus Jawa Tengah yang terdiri dari 69 mahasiswa tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian, terdapat perbedaan kemunculan pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi yang berbeda nyata antara kelas ekperimen dan kelas kontrol, sehingga buku ajar yang sangat valid dan layak digunakan dengan revisi kecil berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112720

Actions (login required)

View Item View Item