Pertanyaan dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang / Zainia Manzil - Repositori Universitas Negeri Malang

Pertanyaan dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang / Zainia Manzil

Manzil, Zainia (2013) Pertanyaan dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang / Zainia Manzil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manzil Zainia. 2013. Pertanyaan dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Moh. Khasairi M.Pd (II) Mohammad Ahsanuddin S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pertanyaan pembelajaran bahasa Arab. Pertanyaan merupakan suatu stimulus yang mendorong siswa untuk berpikir dan belajar serta mengarahkan siswa pada tingkat interaksi belajar yang mandiri sehingga akan lebih mudah menguasai materi atau konsep yang diberikan dan kemampuan siswa akan lebih berkembang. Terjadinya pertanyaan dalam proses pembelajaran untuk membangkitkan siswa berfikir aktif dan kritis mengecek pemahaman siswa dan sebagai bahan evaluasi guru untuk mengetahui kemampuan dan respon siswa. Dalam pembelajaran bahasa Arab umumnya juga saling terjadi interaksi antara guru-siswa di kelas dan pertanyaan juga memerankan peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini mengkaji tentang bagaimana proses belajar mengajar dalam kelas berlangsung yang berhubungan dengan interaksi antara guru dan siswa dari proses interaksi itulah akan menimbulkan pertanyaan yang ingin diketahui baik oleh guru maupun siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pertanyaan dalam pembelajaran bahasa Arab meliputi (a) bentuk-bentuk pertanyaan (b) strategi bertanya dan (c) respon pertanyaan antara guru-siswa di MA Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif (sebagai pendukung data hasil penelitian). Data penelitian berupa paparan tentang pertanyaan yang digunakan guru-siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa human instrument yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan pengujian credibility tranferability dependability dan confirmability. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pra lapangan tahap pekerjaan lapangan dan tahap penyusunan laporan berdasarkan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga hasil simpulan sebagai berikut. Pertama bentuk-bentuk pertanyaan yang digunakan guru-siswa secara lisan dikategorikan atas pertanyaan perihal dan pertanyaan ya-tidak. Jenis-jenis pertanyaan yang mengacu pada bentuk pertanyaan yang digunakan yaitu (1) pertanyaan pengetahuan (2) pertanyaan pemahaman (3) pertanyaan analisis (4) pertanyaan penerapan (5) pertanyaan evaluasi. Sedangkan bentuk-bentuk pertanyaan secara tertulis juga dikategorikan atas pertanyaan perihal dan pertanyaan ya-tidak. Jenis-jenis pertanyaan yang mengacu pada bentuk pertanyaan yang digunakan yaitu (1) pertanyaan pengetahuan (2) pertanyaan sintesis (3) pertanyaan analisis (4) pertanyaan penerapan. Kedua strategi dalam mengajukan pertanyaan yang digunakan terdiri atas beberapa macam yaitu (a) menggunakan bahasa yang jelas dan singkat (b) memberi waktu berpikir (c) teknik menuntun (prompting) (d) teknik pemberian giliran (e) teknik penyebaran (f) teknik melacak. Ketiga respon pertanyaan dan jawaban antara guru siswa dibagi atas dua yaitu (1) respon siswa terhadap pertanyaan guru yang terdiri atas beberapa respon diantaranya adalah (a) siswa merespon dengan cepat dalam menjawab pertanyaan (b) siswa merespon dengan beradu cepat dalam menjawab (c) Siswa merespon dengan mendiskusikan jawaban (d) Siswa merespon dengan sikap diam. (2) respon guru terhadap jawaban siswa terdiri atas (a) merespon positif secara verbal dan non verbal (b) menerima jawaban dengan sikap diam (c) menggunakan jawaban siswa untuk melanjutkan pertanyaan (d) mengalihkan pertanyaan pada siswa lain (e) mengulangi jawaban dan melengkapi. Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan maka disarankan untuk guru dan siswa menggunakan jenis pertanyaan sintesis sedangkan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih mengkaji tentang jenis-jenis pertanyaan agar dapat mengetahui cara menyusun dan mengajukan pertanyaan dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item