Pengaruh pembelajaran inkuiri bermuatan karakter pada kemampuan akademik dan gender berbeda terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa SMAN 7 Malang / Diana Husna

Diana (2019) Pengaruh pembelajaran inkuiri bermuatan karakter pada kemampuan akademik dan gender berbeda terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa SMAN 7 Malang / Diana Husna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Husna, Diana. 2019. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Bermuatan Karakter pada Kemampuan Akademik dan Gender Berbeda Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 7 Malang. Tesis. Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Endah Indriwati, M. Pd. , (2) Dr. Murni Sapta Sari, M.Si. Kata Kunci: inkuiri bermuatan karakter, kemampuan akademik, gender, keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains Kompetensi yang perlu dikembangkan untuk menghadapi tantangan hidup abad 21 antara lain keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills). Pengembangan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis perlu dilatih melalui pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan di kelas XI SMAN 7 Malang pada Bulan Agustus-September 2018 menunjukkan bahwa pembelajaran biologi masih didominasi ceramah sehingga kurang memfasilitasi pengembangan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis. Faktor internal berupa kemampuan akademik dan gender turut mempengaruhi perkembangan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan inkuiri bermuatan karakter terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada kemampuan akademik dan gender berbeda. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan pre test-post test non-equivalent control group. Penelitian mengambil sampel kelas XI SMAN 7 Malang sebanyak dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing terdiri atas 34 siswa. Data keterampilan proses sains dikumpulkan melalui observasi dan keterampilan berpikir kritis dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kovarian (Anakova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran inkuiri bermuatan karakter meningkatkan keterampilan proses sains (p=0,000), 2) Peningkatan keterampilan proses sains pada siswa dengan kemampuan akademik atas lebih tinggi dibanding siswa kemampuan akademik bawah (p=0,000), 3) Model pembelajaran inkuiri bermuatan karakter lebih berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan kemampuan akademik atas (p=0,000), 4) Siswa laki-laki dan perempuan menunjukkan penguasaan keterampilan proses sains yang sama (p=0,394), 5) Model pembelajaran inkuiri bermuatan karakter lebih berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada siswa perempuan (p=0,010), 6) Model pembelajaran inkuiri bermuatan karakter meningkatkan keterampilan berpikir kritis (p=0,000), 7) Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan akademik atas lebih tinggi dibanding siswa dengan kemampuan akademik bawah (p=0,003), 8) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri bermuatan karakter dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis (p=0,070), 9)Penguasaan keterampilan berpikir kritis pada siswa perempuan lebih tinggi dibanding siswa laki-laki (p=0,039), 10) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri bermuatan karakter dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis (p=0,287).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112717

Actions (login required)

View Item View Item