Pengembangan bahan ajar pengelolaan spesies asing invasif Acacia nilotica (L.) Willd.ex Del. di Taman Nasional Baluran melalui Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Kharirrotun Nafiah

Kharirrotun (2019) Pengembangan bahan ajar pengelolaan spesies asing invasif Acacia nilotica (L.) Willd.ex Del. di Taman Nasional Baluran melalui Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Kharirrotun Nafiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nafiah, Kharirrotun. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Pengelolaan Spesies Asing Invasif Acacia nilotica (L.) Willd. ex Del. Di Taman Nasional Baluran Melalui Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si., (II) Dr. Murni Saptasari, M.Si. Kata Kunci: bahan ajar PBL, spesies asing invasif, literasi sains, hasil belajar kognitif Literasi sains merupakan keterampilan yang harus dimiliki dalam rangka menghadapi tuntutan abad 21, yang saat ini literasi sains masih tergolong rendah untuk mahasiswa di Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi sains bagi mahasiswa salah satu caranya yaitu dengan menggunakan bahan ajar PBL yang di dalamnya membelajarkan literasi sains. Bahan ajar selain digunakan untuk meningkatkan literasi sains juga digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan hasil penelitian materi spesies asing invasif Acacia nilotica di TN Baluran. Permasalahan invasi Acacia nilotica merupakan permasalahan yang terjadi secara kontekstual, sehingga tepat apabila menggunakan bahan ajar PBL. Bahan ajar dikembangkan dengan mengadaptasi model ADDIE. Tujuan pengembangan yaitu untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar pengelolaan spesies asing invasif Acacia nilotica di TN Baluran yang valid, praktis dan efektif terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Tahapan pengembangan bahan ajar dimulai dengan analyze yaitu tahapan yang bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan analisis kebutuhan permasalahan dalam matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam yaitu masih terbatasnya bahan ajar berdasarkan hasil penelitian untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi secara kontekstual. Tahap design, yaitu membuat rancangan konten bahan ajar spesies asing invasif. Pada tahap develop, disusunlah bahan ajar yang secara utuh yang selanjutnya divalidasi oleh ahli materi, ahli media, praktisi lapangan dan diuji cobakan ke mahasiswa untuk mengetahui responnya. Hasil validasi bahan ajar berdasarkan ahli materi mendapatkan nilai 98,17%, penilaian dari validator ahli media mendapatkan nilai 90,52%, penilaian dari praktisi lapangan mendapatkan nilai 89,58%, respons mahasiswa untuk yang sudah menempuh matakuliah mendapatkan nilai rerata 87,98% dan respons dari mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam mendapatkan nilai rerata adalah 90,60%. Hasil validasi menunjukkan nilai >85,00% yang berarti bahan ajar telah valid dan hanya membutuhkan sedikit revisi yang selanjutnya dapat diterapkan. Bahan ajar diterapkan untuk matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam dengan desain eksperimen one group pretest postest design. Keefektifan bahan ajar tehadap literasi sains dan hasil belajar kognitif diuji menggunakan gain score. Nilai gain score literasi sains untuk indikator 1 dan 3 yaitu 0,71 yang berarti keefektifan bahan ajar tinggi. Nilai gain score untuk indikator ke 2 yaitu 0,4 dan indikator ke 4 yaitu 0,6 yang berada dalam kategori sedang. Nilai gain score indikator ke 5 literasi sains adalah 0,3 yang berada dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar terbukti dapat meningkatkan literasi sains mahasiswa. Keefektifan bahan ajar PBL untuk meningkatkan hasil belajar kognitif 5 indikator yang telah diukur berada dalam kategori sedang karena memiliki rentang nilai 0,4-0,6. Berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa bahan ajar yang diajarkan dengan melalui pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112716

Actions (login required)

View Item View Item