Pengembangan bahan ajar berbasis problem solving untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap konservasi mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang / Moh. Imam Bahrul Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis problem solving untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap konservasi mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang / Moh. Imam Bahrul Ulum

Moh. Imam Bahrul (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis problem solving untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap konservasi mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang / Moh. Imam Bahrul Ulum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulum Moh. Imam Bahrul. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Sikap Konservasi Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M.Si. (2) Prof. Dr. Ir. Suhadi M.Si. Kata Kunci Bahan ajar hutan pantai berpikir kritis sikap konservasi. Berpikir kritis telah menjadi salah satu kompetensi tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam pendidikan. Selain berpikir kritis sikap konservasi juga diperlukan untuk menghadapi perkembangan ilmu dan teknologi sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis kepada mahasiswa S1 Biologi UM pada matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam menunjukkan bahwa masih rendahnya berpikir kritis dan sikap konservasi mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran lebih menitikberatkan penyampaian informasi daripada melatih kemampuan berpikir dan sikap konservasi mahasiswa. Upaya yang dilakukan mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat melatih berpikir kritis serta menumbuhkan sikap konservasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar berbasis problem solving yang valid praktis dan efektif meningkatkan berpikir kritis dan sikap konservasi mahasiswa. Penelitian pengembangan bahan ajar mengikuti tahapan Analyze Design Develop Implement Evaluate (ADDIE). Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi validator ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi lapangan. Uji coba pendahuluan dilakukan kepada mahasiswa yang telah menempuh matakuliah PSDA untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar. Pengukuran keefektifan bahan ajar dilakukan dengan menerapkan bahan ajar pada proses pembelajaran dalam meningkatkan berpikir kritis dan sikap konservasi. Pengambilan data berpikir kritis menggunakan soal uraian sedangkan sikap konservasi menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dari pretest-postest mahasiswa dianalisis menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikansi 5%. Kelayakan bahan ajar berbasis problem solving ditinjau dari validator memperoleh penilaian bertutut-turut sebesar 88 42% 92 35% 89 13% dan secara keseluruhan dalam kriteria sangat valid atau sangat baik. Kepraktisan bahan ajar ditinjau dari respon mahasiswa mendapat respons sangat sangat positif dengan nilai rerata sebesar 86 92% yang menunjukkan bahan ajar sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji t berpasangan didapatkan hasil bahwa ada perbedaan nilai berpikir kritis dan sikap konservasi mahasiswa sebelum dan setelah penggunaan bahan ajar berbasis problem solving. Simpulan penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis problem solving valid praktis serta efektif meningkatkan berpikir kritis dan sikap konservasi mahasiswa dalam proses pembelajaran. vii Saran penelitian dan pengembangan selanjutnya sebagai berikut. (1) Materi bahan ajar yang dikembangkan masih terbatas sehingga perlu ditambahkan materi lain seperti kerusakan hutan pantai dan dampaknya rehabilitasi pantai dan budidaya pertanian di lahan pasir. (2) Penerapan bahan ajar dalam proses pembelajaran seharusnya dilakukan 16 kali pertemuan atau satu semester. Hal tersebut didasarkan karena berpikir kritis dan sikap konservasi perlu dilatih secara terus menerus sehingga didapatkan hasil yang maksimal. (3) Penyajian materi lebih kembangkan lagi dalam bentuk video atau media interaktif lain sehingga memotivasi mahasiswa dalam mempelajari materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112711

Actions (login required)

View Item View Item