Pengembangan modul berbasis problem based learning berdasarkan hasil penelitian potensi Allium sativum dalam menurunkan kadar lipid mencit hiperlipidemia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Delonix Regia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis problem based learning berdasarkan hasil penelitian potensi Allium sativum dalam menurunkan kadar lipid mencit hiperlipidemia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Delonix Regia

Delonix (2019) Pengembangan modul berbasis problem based learning berdasarkan hasil penelitian potensi Allium sativum dalam menurunkan kadar lipid mencit hiperlipidemia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Delonix Regia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Regia Delonix. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Problem-based Learning Berdasarkan Hasil PenelitianPotensi Allium sativum dalamMenurunkan Kadar Lipid MencitHiperlipidemiauntukMeningkatkanKeterampilanBerpikirKritis dan Hasil BelajarKognitifMahasiswa. Tesis JurusanBiologi FakultasMatematika dan IlmuPengetahuanAlamUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. (2) Dr. Sri EndahIndriwati M.Pd. Kata Kunci Modul Problem-based Learning KeterampilanBerpikirKritis Hasil BelajarKognitif Keterampilanberpikirkritismerupakankecakapanabad 21 yang harusdimilikimahasiswasebagaituntutan KKNI dan CPMKmatakuliahFisiologiHewan dan Manusia. Keterampilanberpikirkritismampumelatihmahasiswamemanfaatkanpengetahuan dan pengalamanbelajarnyadalammenyelesaikanmasalah. Pendidikharusmenyediakanpengalamanbelajar yang memfasilitasikegiatanberpikirkritismahasiswa yaknidenganmenyediakanmodulberbasisproblem-based learningberdasarkanhasilpenelitianterhadappermasalahan yang terjadi di kehidupansehari-hari. Penelitianpengembanganinimenggunakan model ADDIE sebagaipedomanmengembangkanmodulberbasisproblem-based learningberdasarkanhasilpenelititianpotensiAllium sativumdalammenurunkankadar lipidmencithiperlipidemiauntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritis dan hasilbelajarkognitifmahasiswa pada matakuliahFisiologiHewan dan Manusia.Hasil uji kevalidan kepraktisan keterbacaan dan uji implementasimenunjukkanbahwamoduldinyatakan valid (91.07 %) praktis (95 %) sertamampumeningkatkanketerampilanberpikirkritis dan hasilbelajarkognitifmahasiswa (gain score 0.75 kategorihigh gain). Kesimpulan penelitianyaknimodulberbasisproblem-based learningberdasakanhasilpenelitianpotensiAllium sativum dalammenurunkankadar lipid mencithiperlipidemiamampumeningkatkanketerampilanberpikirkritis dan hasilbelajarkognitifmahasiswa. Saran untukpengembanganyaknimengembangkanmodul pada topik yang lain dengandasarhasilpenelitianyang terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112709

Actions (login required)

View Item View Item