Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa / Tarwiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa / Tarwiyani

UNSPECIFIED (2019) Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa / Tarwiyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tarwiyani. 2019. Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri (IBL) Terintegrasi Nature of Science (NOS) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Metakogitif Keterampilan Proses Sains Penguasaan Konsep Pengembangan Pembelajaran Sains Inkuiri Nature of Science. Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi persaingan era global. Keterampilan abad 21 terdiri dari keterampilan dalam menguasai pengetahuan literasi dan mengembangkan berbagai keahlian. Pengembangan keterampilan tersebut dapat dilakukan melalui pembelajaran sains. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh beberapa permasalahan pada pembelajaran sains di SMP Laboratorium UM yaitu (1) keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif siswa masih rendah (2) pembelajaran belum dikaitkan dengan aspek NOS. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis Inquiry Based Learning (IBL) terintegrasi Nature of Science (NOS) menggunakan perangkat pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran yang valid dan praktis serta meningkatkan keterampilan metakognitif keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa melalui proses pembelajaran berbasis IBL terintegrasi NOS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate). Produk yang dihasilkan berupa rancangan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk perangkat pembelajaran (silabus RPP LKS handout dan instrumen penilaian) berbasis IBL terintegrasi NOS. Tahap implementasi produk dilakukan di kelas VIII SMP Laboratoium Universitas Negeri Malang menggunakan dua kelas. Desain implementasi yang digunakan yaitu nonrandomized-control group pretest-postest design. Data yang diperoleh berupa hasil validasi dan uji keterbacaan produk serta data pretest-posttest dari soal tes uraian yang sudah dikembangkan. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis validitas kepraktisan dan keefektifan produk pengembangan. Analisis Keefektifan menggunakan anakova satu jalur dengan bantuan SPSS pada taraf signifikansi 5% untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terhadap variabel terikat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) rancangan pembelajaran yang dikembangkan terbukti valid praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran 2) pengembangan pembelajaran sains berbasis Inquiry Based Learning (IBL) terintegrasi Nature of Science (NOS) terbukti berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan metakognitif keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan (penelitian pengembangan pembelajaran berbasis IBL terintegrasi NOS) pada sampel yang lebih banyak supaya keterampilan-keterampilan yang ingin dikembangkan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112706

Actions (login required)

View Item View Item