Pengembangan modul perkembangan embrio mammalia berbasis inkuiri berdasarkan hasil deteksi ekspresi dan analisis fungsi gen SRY sapi peranakan ongole / Ardiyas Robi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul perkembangan embrio mammalia berbasis inkuiri berdasarkan hasil deteksi ekspresi dan analisis fungsi gen SRY sapi peranakan ongole / Ardiyas Robi Saputra

Ardiyas Robi (2019) Pengembangan modul perkembangan embrio mammalia berbasis inkuiri berdasarkan hasil deteksi ekspresi dan analisis fungsi gen SRY sapi peranakan ongole / Ardiyas Robi Saputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saputra Ardiyas Robi. 2019. Pengembangan Modul Perkembangan Embrio Mammalia Berbasis Inkuiri Berdasarkan Hasil Deteksi Ekspresi dan Analisis Fungsi Gen SRY Sapi Peranakan Ongole. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin S.Pd. M.Si. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Modul inkuiri gen SRY sapi peranakan ongole. Pendidikan bertujuan untuk membuat peserta didik mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Mencerdaskan kehidupan bangsa dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan peran penting dari pendidikan tinggi sehingga kurikulum disusun berdasarkan Kerangka Kualfikasi Nasional Indonesia (KKNI). Capaian pembelajaran lulusan sebagai deskripsi kualifikasi KKNI yang telah disusun tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk memahami konsep keilmuan saja namun juga dapat menjadi ilmu terapan dan memberikan manfaat praktis. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperlukan bahan ajar yang mampu mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Materi yang dicantumkan dalam bahan ajar sebaiknya lebih sederhana namun dibahas secara detail utuh dan bersifat mandiri bagi mahasiswa sehingga bahan ajar yang akan dikembangkan adalah modul. Pemilihan modul menyesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan saat pembelajaran SPH II yaitu bersifat self instruction dan self contained. Self instruction memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri dan self contained memuat materi secara utuh sehingga memberi kesempatan mahasiswa mempelajari materi secara tuntas. Pengembangan modul menyesuaikan dengan pendekatan konstruktivistik yang lebih menekankan pada peran aktif mahasiswa dalam membentuk pengetahuan belajar melalui penemuan kegiatan berpikir menyusun konsep dan memberi makna tentang hal yang dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan konstruktivistik adalah model pembelajaran inkuiri yang menuntut mahasiswa untuk terlibat aktif dalam menemukan fakta merumuskan sendiri penemuan melalui penyelidikan dan mampu memecahkan masalah. Basis pengembangan modul ini berdasarkan hasil penelitian deteksi gen SRY pada sapi pejantan peranakan ongole (PO). Pengembangan bahan ajar berbasis hasil penelitian dapat memberikan pengalaman nyata karena informasi yang disajikan diperoleh melalui pengamatan sehingga dapat memperluas dan memperdalam materi secara aplikatif. Gen SRY bertanggung jawab dalam determinasi kelamin jantan yang menginisiasi perkembangan testis selama embriogenesis pada mammalia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis deteksi ekspresi dan fungsi gen SRY pada sapi PO dengan pendekatan biologi molekuler dan bioinformatika serta menghasilkan modul perkembangan embrio mammalia berdasarkan hasil deteksi ekspresi dan analisis fungsi gen SRY pada sapi PO yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu penelitian deksriptif eksploratif dan tahap kedua penelitian pengembangan modul. Prosedur pelaksanaan tahap penelitian I terdiri dari a). Koleksi dan Isolasi DNA Genom pppmkdD(ayEsSamareeielNpapaeenpnnhikepkierAgyn artatala oiorpis skrsnot liaaTet.igesdf iH amsjew ooshiain an atr angH aaens I htS elyIsi aa aln k8iRansm sscp e7ii S Yi)tlpe e lu. PR5 Pn ean d5Oau)UedCYg.ac%lja g jRiir t Rit uiind.t i )v viankea oKda Bnaaeamgsatul klkeo)etikiuaa.asdnmrr nhnidS nma p pa ata sePrime epsiktfos nionai auotdIkmgrlgem edaykdauianakmensaipbmpstil n-eee a i2epp mnlrrhDr. ieuhags o eWtNn aas lrnsmhgepesaAe)gai heinab.l luC m PstaAaeba dltuhOdsabe aneapakasrah anrnuinsiun l ngeanlayig1 iesabmsa aaiRtkn0ua sehnvus 0met r B panNa%j9Pa rmr ic5aLiteado atem% asnOiiisto nikvoavii Mnf napadduaog lo arrrmiPre(omi.nudmP na.pH tea so Cuaa nsiadnjSt iSRgiais u Rknphink)mlla uea Yte ap.kskepd f.rSiedt)l ri alren.nSaekio VoaekkdiaaEfl tlaetapnoaiili9lrdnti itesipii o8aagmkaa ovbm nksntd6lara)i a iao8e . t lpn ksanitf%Iudera hoes tirapm poaar us ethdplatiapadsuadaad meisI)jpnnaasIiil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112704

Actions (login required)

View Item View Item