Pengembangan modul berbasis SQ4R untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran biologi / Nurul Zakiyatin Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis SQ4R untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran biologi / Nurul Zakiyatin Nisak

Nurul Zakiyatin (2019) Pengembangan modul berbasis SQ4R untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran biologi / Nurul Zakiyatin Nisak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nisak Nurul Zakiyatin. 2019. Pengembangan Modul Berbasis SQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Murni Saptasari M.Si. (II) Prof. Dr. A Duran Corebima M.Pd. Kata Kunci pengembangan modul modul biologi SQ4R berpikir kritis Berpikir kritis merupakan kompetensi abad 21 yang dibutuhkan dalam menghadapi berbagai situasi dan permasalahan sehingga penting untuk dikembangkan melalui pembelajaran. Faktanya keterampilan berpikir kritis siswa ditemukan masih tergolong rendah. Upaya mengembangkan keterampilan berpikir kritis dapat berupa penggunaan model pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R). Model SQ4R memiliki kelemahan jika diterapkan selama pembelajaran yaitu sangat bergantung pada sumber belajar/bahan ajar yang digunakan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk (1) menghasilkan modul SQ4R yang layak praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi (2) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dan buku teks model pembelajaran SQ4R dan buku teks serta model pembelajaran SQ4R dan modul SQ4R. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yakni penelitian pengembangan dan penelitian kuasi eksperimen. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Analisis data penelitian pengembangan dilakukan untuk mengetahui kelayakan kepraktisan dan efektivitas produk. Rancangan penelitian kuasi eksperimen menggunakan pretest posttest experiment control group design. Analisis data penelitian kuasi eksperimen dilakukan dengan uji anakova. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa modul SQ4R layak praktis dan efektif. Modul layak karena telah memenuhi karakteristik self instructional self contained stand alone adaptive dan user friendly. Modul memperoleh nilai kelayakan dari ahli bahan ajar sebesar 82 35% (layak) dari ahli materi sebesar 97 5% (sangat layak) dan dari praktisi lapangan sebesar 98 18% (sangat layak). Modul yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan dengan perolehan nilai kepraktisan sebesar 94 96%. Modul yang dikembangkan juga efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dilihat dari hasil penelitian kuasi eksperimen yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian kuasi eksperimen ditemukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara yang dibelajarkan dengan model SQ4R dan modul SQ4R (kelas eksperimen) model SQ4R dan buku teks (kelas kontrol positif) serta pembelajaran konvensional dan buku teks (kelas kontrol negatif). Keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi 8 16% dari kelas kontrol positif dan lebih tinggi 6 38% dari kelas kontrol negatif. Keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol positif tidak berbeda dengan kelas kontrol negatif. Dengan demikian penggunaan modul SQ4R berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112701

Actions (login required)

View Item View Item