Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dipadu Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa kelas X SMAN 7 Kota Malang / Warni Makmur

Warni (2019) Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dipadu Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa kelas X SMAN 7 Kota Malang / Warni Makmur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Makmur, Warni. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dipadu Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif Biologi dan Retensi Kelas X SMAN 7 Kota Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd., (II) Dr. Abdul Gofur, M.Si. Kata Kunci: TTW, PBL, TTW dipadu PBL, Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, Retensi Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW, PBL dan perpaduan keduanya (TTW dan PBL) pada keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi kelas X SMA Negeri 7 Malang. Menggunakan quasi eksperiment pretest posttest non-equivalent group design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran TTW, PBL, dan TTW dipadu PBL. Variabel terikat yaitu keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi. Populasi penelitian diambil dari siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Malang pada semester pertama tahun ajaran 2018/2019. Sampel sebanyak 4 kelas. Setiap model pembelajaran diwakili oleh satu kelas. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen PBL berjumlah 34 siswa, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen TTW berjumlah 36 siswa, kelas X MIPA 4 kelas eksperimen TTW dipadu PBL berjumlah 35 siswa, dan kelas kontrol (konvensional) X MIPA 6 berjumlah 34 siswa. Pengambilan data pada saat pretest, posttest dan tes retensi. Uji hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova) pada taraf signifikansi 0,05 (p < 0,05) dengan data skor pretest, posttest dan retensi. Sebelum uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan Uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Levene’s Test of error Variances. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh pada keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi. Nilai rerata terkoreksi keterampilan metakognitif dengan model TTW dipadu PBL berbeda signifikan dengan model pembelajaran PBL, TTW, dan Konvensional. Model PBL dan TTW keduanya tidak berbeda signifikan, namun berbeda signifikan dengan kelas konvensional. Nilai rerata terkoreksi siswa kelas TTW dipadu PBL paling besar dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa sebesar 17,26% dibandingkan dengan kelas konvensional, Pencapaian keterampilan metakognitif kelas konvensional secara signifikan lebih rendah dari kelas TTW, PBL, dan TTW dipadu PBL. Nilai rerata terkoreksi hasil belajar kognitif siswa kelas TTW dipadu PBL paling besar dalam meningkatkan hasil belajar kognitif sebesar 12,30% dari kelas konvensional. Pencapaian hasil belajar kognitif siswa secara signifikan lebih rendah dari kelas TTW, PBL, dan TTW dipadu PBL. Pada retensi, nilai rerata terkoreksi siswa kelas TTW dipadu PBL paling besar dalam meningkatkan retensi siswa sebesar 3,63% dari kelas konvensional. Pencapaian retensi siswa kelas konvensional secara signifikan lebih rendah dari kelas TTW, PBL, dan TTW dipadu PBL. Dari temuan penelitian, disarankan untuk penelitian di masa depan untuk meneliti model penelitian ini pada jenjang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/112700

Actions (login required)

View Item View Item