Pengembangan media kalmakh untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas VII madrasah tsanawiyah / Anis Nur Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kalmakh untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas VII madrasah tsanawiyah / Anis Nur Laili

Laili, Anis Nur (2013) Pengembangan media kalmakh untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas VII madrasah tsanawiyah / Anis Nur Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media KalMakh kosakata bahasa Arab Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat patut untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat khususnya umat Islam. Selain itu bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang tidak mudah untuk dikuasai oleh siswa. Agar materi dapat dikuasai oleh siswa guru perlu menggunakan media pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab adalah dengan menggunakan media permainan KalMakh. KalMakh merupakan singkatan dari Al-Kalim t Al-Makhbu ah yang bermakna kata-kata yang tersembunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan hasil pengembangan dan penggunaan media permainan KalMakh sebagai media pembelajaran kosakata Bahasa Arab untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Rancangan pengembangan yang digunakan adalah model Borg Gall. Pengembangan media permainan KalMakh dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu (1) analisis kebutuhan (2) desain produk (3) pengumpulan bahan (4) pengembangan produk (5) validasi meliputi uji ahli media dan uji ahli materi (6) uji lapangan dan (7) revisi produk. Pengembangan media permainan KalMakh menghasilkan seperangkat alat permainan. Alat permainan didesain full colour (berwarna) mulai dari papan permainan kartu perintah kartu pernyataan kartu jawaban dadu miniatur patung dan buku petunjuk penggunaan. Permainan ini bersifat fleksibel dalam arti bisa dimainkan oleh 2-4 kelompok atau 2-4 orang. Hasil uji kevalidan media permainan KalMakh oleh ahli media adalah sebesar 64 3% yang berkategori cukup valid. Data hasil uji coba oleh ahli materi sebesar 90% yang berkategori valid. Perpaduan nilai validasi ahli media dan ahli materi sebesar 77 15% dan berkategori valid sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Uji lapangan dilaksanakan di MTs Raden Paku Trenggalek kepada siswa kelas VII dan guru mata pelajaran bahasa Arab. Hasil uji lapangan terhadap siswa kelas VII sebesar 83 09% dan hasil dari guru mata pelajaran bahasa Arab sebesar 82 5%. Jadi media KalMakh dinyatakan valid sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk kelas VII MTs. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) para siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah untuk dapat memanfaatkan media permainan KalMakh sebagai alat untuk membantu mereka dalam menambah perbendaharaan kosakata bahasa Arab (2) para guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah hendaknya dapat memanfaatkan media ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan (3) pengembang selanjutnya untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11255

Actions (login required)

View Item View Item